Disnakertrans Kabupaten Berau Gelar Kunjungan Kerja Di-KSB

Taliwang, – Jajaran dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengunjungi Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk melaksanakan studi pengembangan wawasan, terutama terkait dengan ketenagakerjaan dan hubungan industrial serta urusan dengan Balai Latihan Kerja (BLK).

Mengingat kunjungan kerja dalam rangka pengembangan wawasan, rombongan yang berjumlah 10 orang itu diterima langsung oleh Ir H Muslimin HMY M.Si selaku kepala Disnakertrans KSB dengan didampingi semua pejabat, sehingga semua pertanyaan dan konsultasi yang disampaikan bisa langsung dijawab. “Luar biasa kami mendapat kunjungan dari kabupaten Berau,” ucap H Muslimin.

Dikesempatan itu H Muslimin menyampaikan sistem dan mekanisme penanganan masalah ketenagakerjaan yang dilakukan selama ini, termasuk terkait dengan cara perekrutan tenaga kerja yang menggunakan mekanisme satu pintu, seleksi harus melalui Disnakertrans sebagai perwakilan pemerintah. “Terkait dengan masalah ketenagakerjaan telah disampaikan secara terbuka, terutama masalah penanganannya,” lanjutnya.

Sementara penjelasan yang cukup panjang terkait dengan keberadaan dan cara mengelola BLK, lantaran Kabupaten Berau sampai saat ini belum memiliki fasilitas pelatihan dimaksud (BLK). “Kami telah memberikan penjelasan secara detail cara yang pernah dilakukan, sehingga memiliki bangunan BLK lengkap dengan fasilitas pendukung, termasuk membeberkan bahwa BLK sangat penting dalam menyiapkan tenaga kerja,” tegasnya.

Selain memberikan keterangan tentang aktifitas yang dilaksanakan serta apa yang ditanyakan, kami juga mendapatkan penjelasan balik dari rombongan dari Kabupaten Berau, karena kabupaten itu telah memiliki 4 orang mediator yang sudah sangat senior dalam menangani persoalan ketenagakerjaan. “Kami juga banyak belajar dari rombongan yang datang, sehingga pertemuan cukup lama karena saling memberikan edukasi dan informasi,” tuturnya.

Sementara Junaidi S.Pt selaku kepala Disnakertrans Berau yang memimpin rombongan menyampaikan rasa bangga atas penerima dari jajaran pemerintah KSB dan berharap dalam waktu tidak terlalu lama melakukan kunjungan balik. “Kami siap untuk menerima kunjungan balik dari jajaran pemerintahan KSB, supaya bisa terus menukar pikiran dan ide,” katanya.

Junaidi juga mengaku apresiasi dengan pemerintahan KSB, dimana sebagai kabupaten baru sudah bisa mengembangkan diri dan bahkan dapat lebih maju dari kabupaten lain yang lebih tua umur pembentukannya. “Percepatan pembangunan yang dilaksanakan harus diakui, terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan dan hubungan industrial. Hal itu yang menjadi dasar kami menentukan KSB sebagai tempat kunjungan,” aku Kadisnakertrans Berau yang diketahui asal Dompu itu. **