Untuk Peningkatan Kapasitas, Pol PP KSB Gelar Jambore Satlinmas

Taliwang, – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar jambore khusus bagi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu dipusatkan dalam areal perkantoran Kemutar Telu Center (KTC) dan dibuka secara resmi oleh Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM pada Rabu 23/6 kemarin.
“Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai bentuk langkah maju yang dilakukan Sat Pol PP KSB, dimana masyarakat diberikan peran penting dalam melaksanakan pembangunan, apalagi rangkaian kegiatan menjadi upaya dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta dalam membentuk sikap dan prilaku anggota Satlinmas untuk lebih disiplin serta mehami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi (Tupoksi),” ucap H Firin sapaan akrab Bupati KSB.
Dikesempatan itu H Firin juga mengaku sangat respon betul dengan agenda kegatan, karena menjadi media untuk meningkatkan kemampuan anggota Satlinmas dalam melaksanakan tugas untuk membantu dalam penanggulangan bencana, keamanan, ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan, penanganan ketentraman, termasuk pada penyelenggaraan pemilu dan Pemilukada. “Kegiatan ini sangat inovatif dan dapat menjadi contoh bagi kita semua,” tuturnya.
Sementara H Abdul Muthalib S.Pd, MM selaku kabid pembinaan Satlinmas pada Satpol PP KSB mengingatkan, jika kegiatan jambore ini adalah bentuk respon terhadap Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat. “Pesan besar dalam kegiatan ini adalah, anggota Satlinmas mengetahui peran dan kedudukannya yang sangat penting,” ucapnya.
Diingatkan H Thalib sapaan akrabnya, pemerintah KSB sangat memahami bahwa Satlinmas selama ini telah berkontribusi dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketentraman, sehingga dirasakan perlu untuk diberikan pendidikan sebagai upaya meningkatkan kapasitasnya. “Selain menjalankan tugas utama, Satlinmas juga mempunyai tugas tambahan, diantaranya, membantu dalam penanganan ketentraman, ketertiban umum dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa dan membantu Kepala Desa dalam penegakkan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa,” terangnya.
Mengingatkan kegiatan dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, maka pelaksanaannya tidak menggunakan ruang atau terpusat pada alam terbuka sebagai tempat pelatihan. “Paling tidak pandemi Covid-19 tidak menghalangi pemerintah KSB melalui Pol PP untuk melaksanakan peningkatan kapasitas bagi semua anggota satlinmas KSB,” tegasnya.
Diakhir keterangannya, H Thalib mengaku bahwa kegiatan yang sangat bagus itu akan dijadikan agenda rutin tahunan, sehingga masyarakat yang terlibat sebagai anggota satlinmas bisa sangat mehami apa yang menjadi tupoksinya, termasuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati KSB yang sudah memberikan nasihat kepada anggota Satlinmas. **