Pemerintah KSB Terbaik Pertama Implementasi APK dan CAT

Taliwang, – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2021 yang dibuka Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dan dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menjadi momen terbaik bagi pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), lantaran diumumkan menjadi terbaik pertama dalam hal implementasi sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (APK) dan pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT).

Penghargaan yang diberikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai bentuk apresiasi kepada instansi pengelola kepegawaian terbaik. “Pemerintah KSB mendapat penghargaan terbaik pertama dalam implementasi sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (APK) dan pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT),” kata H Abdul Malik Nurdin S.Sos, M.Si selaku kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan SUmber Daya Manusia (BKPSDM) KSB.

Masih keterangan H Malik sapaan akrabnya, penghargaan tersebut diberikan dalam Rakornas Kepegawaian Tahun 2021 yang bertajuk “Transformasi Manajemen ASN Menuju Birokrasi yang Dinamis” yang dilaksanakan pada 01 Juli 2021 secara hybrid di Kota Denpasar, Bali dan disiarkan langsung lewat channel Youtube BKN.

Dibeberkan H Malik, BKN sebelum memberikan Award diawali dengan proses penilaian erhadap seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Dari ratusan Kabupaten/Kota yang dinilai, KSB meraih peringkat pertama pada kategori 2 yaitu dalam hal Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT). Pada peringkat kedua diraih Kabupaten Natuna, dan Peringkat ketiga diraih Kabupaten Pidie Jaya.

Sementara Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM pada media ini, Kamis 1/7 kemarin menyampaikan ucapan terima kasih kepada BKN dan Apresiasi terhadap kinerja ASN KSB. “Saya pikir ini sebuah anugerah yang sangat bermakna bagi kami karena memang di periode kepemimpinan kami sekarang, manajemen ASN menjadi salah satu fokus utama. Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada BKN karena telah menganugerahi KSB sebagai peringkat pertama. Tentunya capaian ini tidak lepas dari kerja keras dan kerja bersama antara Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KSB bersama seluruh ASN yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat,” ucapnya.

Seperti yang disiarkan bagian humas dan komunikasi pimpinan, jika pada kesempatan itu BKN juga melaunching Sistem Informasi Kepegawaian Nasional (SIMPEGNAS) secara resmi dalam rangka mendukung terwujudnya target satu data ASN sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 dan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Peresmian SIMPEGNAS akan berlangsung bersamaan dengan dimulainya Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) ASN dan Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Non-ASN secara mandiri melalui aplikasi MySAPK berbasis mobile dan website mulai Juli – Oktober 2021. **