Pemerintahan

Dinsos KSB Klaim Sudah Berproses Menuju Kemandirian Sosial Masyarakat

Taliwang, – Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat (Dinsos KSB) mengklaim, jika telah lebih dulu melaksanakan proses untuk pencapaian salah satu Visi dan Misi daerah tahun 2021-2026, yaitu, KSB baik dalam menuju kemandirian sosial masyarakat. “Pondasi pencapaian untuk salah satu visi dan misi itu telah dilaksanakan beberapa tahun lalu,” kata Burhan Daeng Mangago S.Pi, M.Si selaku Kabid pemberdayaan sosial, saat ditemui media ini kemarin.

Klaim sudah membangun pondasi menuju kemandirian sosial masyarakat berdasar pada kegiatan yang pernah dilaksanakan beberapa tahun lalu, dimana telah berhsil membentuk Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) pada semua Desa. “Semua Desa telah membentuk WKSBM yang dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) dari masing-masing kades,” ucapnya.

Masih keterangan Daeng Bur sapaan akrabnya, sesuai SK penetapan masing-masing, jika WKSBM dipercayakan kepada istri dari masing-masing kades, sehingga aktifitas sampai saat ini cukup baik dan masih bisa mengumpulkan bantuan untuk diberikan kepada warga yang dianggap tidak mampu. “Semoga lembaga itu bisa terus dikembangkan,” harapnya.

Diingatkan Daeng Bur, WKSBM bisa dikatakan sebuah sistem kerjasama antar keperangkatan pelayanan sosial di akar rumput yang terdiri atas usaha kelompok, lembaga maupun jaringan pendukungnya baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang dibentuk dan dikembangkan oleh masyarakat pada tingkat lokal dalam pelaksanaan tugas di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS).

Sebagai upaya penguatan kapasitas WKSBM, Dinas Sosial pernah melakukan sosialisasi untuk menyampaikan, WKSBM dapat mengembangkan salah satu fungsi dengan tujuan untuk mengembangkan jejaring dalam penanganan PMKS dan sebagai payung bagi berbagai macam organisasi sosial dan PSKS di tingkat rukun Warga (RW). “Harapannya, WKSBM yang sudah ada dapat terus melaksanakan pertemuan rutin supaya bisa menertibkan administrasi, mengoptimalkan kegiatan yang sudah ada, dan merencanakan program/kegiatan yang akan datang,” ungkpanya.

Diakhir keterangannya Daeng Bur berharap dari pelaksanaan misi dan visi tersebut, dapat terus meningkatkan kesetiakawanan sosial atau nilai dasar yang terwujud dalam bentuk pikiran, sikap, dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan antar masyarakat. **