Pemerintahan

Di KSB, Seleksi CPNS dan PPPK Non Guru Direncanakan Oktober

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) membeberkan, jadwa pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Komptensi Bidang (SKB) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), termasuk seleksi kompetensi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) PPPK non guru, akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

H Abdul Malik Nurdin S.Sos, M.Si selaku kepala BKPSDM KSB yang dikonfirmasi media ini membeberkan, dari surat resmi yang disampaikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku penanggung jawab seleksi menegaskan, untuk wilayah KSB akan dilaksanakan seleksi CPNS pada 13-16 Oktober, sementara jalur khusus PPPK Non Guru direncanakan pada 17 Oktober.

“Sudah ada keputusan dari BKN pusat selaku penanggung jawab seleksi CPNS dan PPPK Non Guru, jika rangkaian kegiatan akan dilaksanakan pada 13-18 Oktober,” ucapnya saat dikonfirmasi media ini pada Sabtu 4/9 kemarin.

Disampaikan H Malik sapaan akrabnya, semua tahapan dan rangkaian seleksi CPNS dan PPPK Non Guru menjadi kewenangan pihak BKN, jadi pemerintah KSB hanya sebagai pelaksana atau yang menyiapkan fasilitas. “Pemerintah daerah hanya sebagai panitia pelaksana untuk menyiapkan fasilitas pelaksanaan seleksi, jadi bisa dipastikan tidak ada intervensi atau ruang adanya permainan,” lanjutnya.

Mengingat semua proses seleksi dibawah tanggung jawab BKN pusat, H Malik meminta kepada peserta yang akan ikut seleksi CPNS dan PPPK Non Guru, supaya tidak percaya dengan oknum yang akan menjanjikan kelulusan. “Perlu saya ingatkan bahwa seleksi menggunakan metode sistem Computer Assisted Test (CAT), jadi sangat obyektif atau mengandalkan kemampuan masing-masing peserta,” tegasnya.

Masih keterangan H Malik, pihaknya sengaja mengumumkan jadwal pelaksanaan seleksi. Hal itu untuk mengingatkan kepada calon peserta yang telah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) pada seleksi administrasi, agar mempersiapkan diri supaya mendapatkan hasil terbaik atau lulus. “Persiapkan diri menghadapi tahapan seleksi,” ajaknya.

Terkait dengan tes untuk jalur PPPK Guru, H Malik mengaku belum mendapatkan informasi pasti, lantaran proses dan tahapan seleksi menjadi kewenangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud dan Ristek). “Belum ada jadwal seleksi khusus jalur PPPK Guru,” terangnya. **