DLH KSB Gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah Secara Daring

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tidak pernah berhenti untuk memberikan pemahaman kepada pelajar tentang pentingnya mengenal dan mengelola sampah dalam lingkungan sekolah, sehingga tidak dianggap sebagai persoalan.

Untuk memberikan pemahaman dan cara pengelolaan sampah untuk warga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Taliwang, DLH KSB pada Senin 27/9 kemarin telah melaksanakan sosialisasi dengan judul besar, pentingnya pemahaman pengelolaan sampah sadi berkah sejak dini di lingkungan sekolah. “Pertemuan awal lebih pada penjelasan secara umum,” kata Dedy Damhudy M Khatim, SP, M.Si selaku kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 pada DLH KSB.

Disampaikan Dedy sapaan akrabnya, sosialisasi pengolahan sampah kepada anak usia dini sampai pada tingkat sekolah dasar dan berlanjut pada sekolah menegah atas menjadi program penting bagi DLH KSB, lantaran dianggap sangatlah mudah untuk diberi pengetahuan serta diajak untuk menjaga lingkungan. “Bukan sekedar memberikan pemahaman tentang pengolahan sampah, tetapi menyiapkan generasi yang akan mnejaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” lanjutnya.

Dalam sosialisasi secara daring itu Dedy mengingatkan bahwa berbagai macam sampah sebagai hasil samping kegiatan manusia terus diproduksi setiap harinya, baik itu di pasar, industri, perkantoran, rumah tangga, bahkan di sekolah tidak luput dengan masalah sampah, sementara untuk pengelolaan sampah tidak semata-mata menggunakan teknologi canggih, tetapi lebih membutuhkan perubahan dan pembentukan perilaku individu. “Masalah sampah seakan menjadi persoalan yang terus menyita energi untuk dapat diselesaikan,” ucapnya.

Dedy juga mengingatkan bahwa upaya penyelesaian masalah sampah dapat dilakukan dengan program edukasi pengelolaan sampah sejak dini dengan pembelajaran pengelolaan sampah sejak dini dapat meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar melalui pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Enviro School merupakan program yang dapat diterapkan di manapun untuk memberikan pengetahuan pengelolaan sampah secara baik dan benar, keterlibatan semua pihak sangat dibutuhkan untuk mewujudkan sekolah bersih dan sehat dan pendidikan sejak dini tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar dapat membentuk karakter anak yang kuat tentang prinsip mengubah sampah menjadi berkah.

Diakhir keterangannya Dedy menegaskan, jika akan ada pertemuan lanjutan antara pihak DLH KSB dengan warga lingkungan SMKN I Taliwang, supaya bisa memberikan penjelasan secara langsung yang dilanjutkan dengan praktek cara pengolahan sampah. **