Pendidikan

Target Juara KSN Tingkat SMP, Dikbud KSB Gandeng UPI Bandung

Taliwang, – 15 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah diumumkan lulus tahap 2 atau berlanjut sebagai peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diselanggarakan Pusat Prestasi Nasional pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) KSB memasang target dapat menjadi juara pada beberapa mata pelajaran yang dikompetisikan itu, sehingga menggandeng Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. “Peserta akan mendapatkan bimbingan lanjutan dari pihak UPI Bandung. Kerjasama ini sebagai bentuk kontribusi pemerintah kepada siswa supaya bisa menjadi juara,” kata Lutpiah Ruswati, M.Pd selaku kabid pembinaan SMP pada Dikbud KSB saat dikonfirmasi media ini, Selasa 28/9 kemarin.

Masih keterangan Lutpiah sapaan akrabnya, untuk bisa meraih target juara pada event yang cukup bergengsi itu, pihaknya telah membangun komunikasi serta koordinasi dengan guru pembibing siswa masing-masing, agar dapat memberikan pelajaran tambahan sebagai penguat. “Guru pendamping sangat dibutuhkan untuk membantu siswa peserta KSN SMP 2021,” ucapnya.

Lutpiah juga mengaku akan lebih intens melakukan komunikasi dengan semua guru pendamping, untuk mengetahui progres perkembangan pengetahuan para siswa yang menjadi peserta, termasuk untuk mengetahui apakah ada kendala.

Siswa yang ikut KSN tingkat SMP tahun 2021 untuk mata pelajaran Matematika adalah, Bilqis asal dari SMPN 3 Poto Tano, Rosa Puspita utusan SMPN 1 Seteluk, Yulia Lestari dari SMPN 1 Taliwang, Cadastri Intan Marela juga dari SMPN 1 Taliwang dan Annisa Tri Aprilianti dari SMPN 1 Taliwang.

Sementara utusan KSB pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Haikal Saputra utusan dari SMPN Satap Mataiyang, Khalifatuz Dzakwan Akbar Insani dari SMPN I Seteluk, Ely Sabeth dari SMPN 4 Seteluk, Intan Nuraini dari SMPN 4 Seteluk dan Intan Defitasari dari SMPN 1 Brang Rea.

Peserta untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), diantaranya, Nayla Damai Sentosa dari SMPN 1 Taliwang, Nazyla Dean Zahara juga dari SMPN 1 Taliwang, Azra Alma Adila dari SMPN 1 Taliwang, Julia Ermadani dari SMPN I Poto Tano dan Wardatul Aula dari SMPIT Binaul Ummah Maluk.

Sebagai informasi, KSN SMP tahun 2021 mengusung dengan tema “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat” merupakan agenda rutin tiap tahunnya untuk mendorong semangat dan daya juang peserta. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif, termasuk akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. **