Pemerintahan

Diskan KSB Terima Bantuan Pakan Mandiri dan Bibit Ikan dari Kementerian Kelautan dan PerikananP

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Perikanan (Diskan) menerima bantuan pakan mandiri sebanyak 10 ton beserta bibit ikan berbagai jenis dari Balai perikanan budidaya air payau Situbondo Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Serah terima yang dilaksanakan Kamis 21/10 kemarin diaula Diskan dengan disaksikan langsung anggota DPR RI komisi IV, H Muhammad Syafrudin, ST, MM.

Ir Amin Sudiono, MM selaku kepala Diskan KSB pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada H Muhammad Syafrudin, ST, MM, lantaran telah memberikan dukungan kepada pemerintah KSB untuk mendapatkan berbagai bantuan dari Kementerian. “Atas nama pemerintah KSB kami menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan selama ini,” ucapnya.

Dikesempatan itu Dion sapaan akrabnya mengaku bahwa masih banyak permohonan yang akan disampaikan pihaknya untuk dibantu, mengingat ada beberapa potensi baru sektor perikanan. “Kami masih berharap dukungan semua pihak, terutama kepada H Muhammad Syafrudin yang kini menjadi anggota DPR RI, agar potensi perikanan yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai ruang percepatan kesejahteraan para nelayan dan pembudidaya perikanan,” lanjutnya.

Bantuan yang diharapkan itu adalah, sejuta bibit ikan yang akan ditebar dalam bendungan Bintang Bano, program pembangunan kolam-kolam baru disepanjang irigasi saluran bendungan bintang bano, program percontohan budidaya ikan sistem bioflok mengingat cara dimaksud cukup diminati masyarakat.

Permohonan yang disampaikan Dion juga untuk budidaya kerapu dengan sistem Keramba Jaring Apung (KJA) dibeberapa wilayah Balad dan Desa Kiantar sebagai dukungan atas pembangunan kawasan kuliner di kecamatan Poto Tano serta untuk memenuhi kebutuhan ikan ditempat wisata.

Sementara Suwondono Ady Setiawan selaku perwakilan Balai perikanan budidaya air payau Situbondo mengatakan, KSB termasuk wilayah yang cukup sering mendapatkan bantuan. Hal itu tidak lepas dari kontribusi anggota DPR RI. “Kami akan selalu siap untuk mengucurkan bantuan terkait dengan perikanan kepada pemerintah KSB,” akunya.

H Muhammad Syafrudin sendiri mengaku jika dirinya akan terus berbuat maksimal dalam membantu masyarakat KSB, lantaran termasuk daerah pemilihannya. “Saya tidak akan pernah berhenti untuk berbuat maksimal dalam memajukan KSB, jadi apapun permohonan akan dijadikan prioritas,” tegasnya.

Terkait dengan beberapa program yang disampaikan Diskan KSB, dirinya meminta untuk dibuatkan dalam bentuk proposal dan diminta penyerahan secara langsung kepada Kementerian. “Saat ada acara rapat kerja dengan Kementerian, saya minta pihak Diskan bisa langsung hadir dan membawa proposal, sehingga bisa langsung diserahkan kepada pejabat kementerian,” urainya sambil mengaku akan langsung meminta dipastikan bantuan dimaksud bisa tertuang dalam program kementerian. **