Pemerintahan

Soal Disiplin Aparatur, ITKAB KSB Sidak Saat Apel Tiap Hari

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sangat serius mengajak seluruh aparatur untuk lebih disiplin dengan jam kerja. Buktinya, setiap hari saat pelaksanaan apel pagi dalam lingkungan kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), selalu dilakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dari tim Inspektorat Kabupaten (ITKAB).

“Setiap hari kami keliling untuk melihat dan mengecek langsung tingkat kehadiran aparatur. Hasil sidak disampaikan dalam bentuk laporan kepada wakil Bupati KSB selalu yang diberikan kewenangan untuk pengawasan,” kata Drs H Mukhlis M.Si selaku inspektur ITKAB KSB saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Masih keterangan H Mukhlis, sidak yang dilakukan secara acak itu sendiri sebagai bentuk peringatan secara langsung kepada aparatur, agar disiplin dengan jam kerja. “Pasti yang tidak disiplin akan mendapatkan sanksi sesuai dengan regulasinya, namun bentuk sanksi menjadi kewenangan pimpinan daerah dengan mengacu pada rekomendasi ITKAB,” lanjutnya.

Lanjut H Mukhlis, tim ITKAB tidak memberikan informasi awal tentang OPD yang akan didatangi. Hal itu untuk mengantisipasi adanya persiapan lebih awal, sementara kegiatan Sidak itu sendiri ingin melihat realitas dalam lingkungan OPD. “OPD tidak ada yang tahu jika akan dikunjungi untuk dilakukan pengecekan, sehingga saat didatangi ada saja aparatur yang tidak ikut apel, meskipun persentasenya cukup minim,” ungkapnya.

Untuk menghindari adanya aparatur yang diberikan sanksi akibat tidak disiplin, H Mukhlis mengingatkan semua pimpinan OPD untuk mengingatkan aparatur dalam lingkungan kerja masing-masing, supaya selalu disiplin dan ikut kegiatan apel pagi, baik yang dilaksanakan di lapangan Graha Fitrah maupun pada lingkungan kerja masing-masing OPD. “Apel pagi menjadi kewajiban bagi aparatur untuk diikuti,” tandasnya.

Terkait dengan sidak keliling secara acak, H Mukhlis memastikan akan dilaksanakan secara terus menerus sampai diyakini tingkat disiplin aparatur sudah sangat baik. Hal itu sebagai respon ITKAB KSB atas saran yang disampaikan Bupati KSB beberapa waktu lalu, supaya disiplin aparatur bisa terus ditingkatkan. “Salah satu cara yang untuk mengukur disiplin aparatur dengan melakukan sidak keliling,” timpalnya.

Hal penting yang disampaikan H Mukhlis, supaya aparatur lebih disiplin dengan jam kerja, atas langsung dari aparatur harus memberikan contoh dan pastinya lebih sering memberikan himbauan serta ajakan untuk taat dengan jam kerja. **