‘Pilkada Memanas’ Bakesbangpol KSB Berikan Pendidikan Politik

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbang) mengakui bahwa suasana politik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah mulai memanas atau sudah muncul beberapa orang yang memiliki keinginan ikut dalam kontestasi dimaksud.

“Hasil identifikasi dan pengumpulan informasi serta dengan melihat berbagai media, jika sudah mulai bermunculan kandidat bakal calon untuk Pilkada 2024 mendatang dari berbagai kalangan,” ucap Dr H Burhanuddin, S.Sos, M.Pd selaku Kabid kewaspadaan nasional dan penanganan konflik pada Kesbangpol KSB saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Masih keterangan Ustad Bur sapaan akrabnya, meskipun saat ini suasana politik pilkada terus memanas, namun belum teridentifikasi akan menjadi sebuah potensi konflik. “Sekarang ini kami selalu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, agar tidak terpancing dengan geliat politik,” lanjutnya.

Ustad Bur mengakui bahwa sosialisasi sebagai bagian dari pendidikan politik yang dilaksanakan Bakesbangpol tidak dilaksanakan secara formal, namun lebih pada pendekatan persuasif, dimana personil yang ditugaskan dilapangan untuk selalu menyampaikan kepada masyarakat tentang penting menjaga kondusifitas daerah, termasuk menyampaikan bahwa pada tahun 2024 mendatang akan ada pesta demokrasi, baik itu pemilihan anggota legislatif maupun pimpinan daerah untuk periode 2024-2029.

Diakui Ustad Bur bahwa geliat politik saat ini masih sebatas pembicaraan kelompok tertentu, atau saat masyarakat berkumpul pada satu lokasi, jadi belum menjadi komoditi politik lebih luas. Hal itu yang meyakini Bakesbangpol bahwa suasana politik belum menjadi potensi konflik.

Sesuai informasi yang terkumpul media ini, jika yang berminat untuk berlaga pada Pilkada mendatang bukan hanya para pelaku politik, tetapi juga datang dari birokrat KSB. Hal itu terlihat dari beberapa bagian alat peraga yang bermunculan, termasuk warga KSB yang saat ini berada diluar daerah juga sudah mulai sosialisasikan diri. **