Hebat, Pemerintah KSB Menjadi Tamu Istimewa Pada Puncak HPN

Taliwang, – Puncak acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan dilaksanakan di Kendari Sulawesi Tenggara pada 7-9 Februari 2022 mendatang akan menjadi luar biasa bagi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), karena akan menjadi salah satu tamu istimewa.

Keistimewaan itu tidak lepas dari keberhasilan Bupati KSB, Dr H W Musyafirin MM yang telah meraih Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) dan akan menerima trofi Abyakta AK-PWI yang akan diserahkan langsung oleh presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo.

Hairil W Zakariah selaku ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) KSB menjelaskan, jika Bupati KSB bukan hanya akan menerima trofi Abyakta AK-PWI, tetapi juga dijadwalkan menjadi salah satu pembicara kunci dalam dialog kebudayaan. “Bupati KSB akan mempresentasikan Budaya Siru’ (gotong royong) yang menjadi roh pembangunan di KSB, karena diakui terbukti efektif dalam pelaksanaan program pembangunan partisipatif, transparan dan akuntabel,” katanya.

Masih keterangan Eril sapaan akrabnya, pemerintah KSB juga diberikan kesempatan oleh pihak panitia nasional HPN 2022 untuk membawah tim kesenian yang akan ditampilkan dalam kegiatan parade seni AK-PWI. “Informasi dari panitia bahwa semua rangkaian acara bukan hanya disaksikan oleh Presiden Joko Widodo, tetapi juga ada beberapa orang Menteri, para Duta Besar negara sahabat, Gubernur se-Indonesia, para pengusaha, serta ratusan media nasional dan lokal,” bebernya.

Dikesempatan itu Eril menegaskan bahwa kegiatan HPN 2022 dapat dijadikan momentum bagi pemerintah KSB untuk melakukan promosi daerah, baik destinasi wisata, kesenian dan juga inovasi Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), termasuk forum Pelayanan Setara Inklusif Andalan (Yasinan). “Ini momentum penting bagi kita semua,” ucapnya.

Sementara Sajadah S.Sos, M.Si selaku kabid kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) yang diberikan tanggung jawab untuk mempersiapkan kesenian menegaskan, jika dirinya sedang mempersiapkan seni ‘Sakeco’ yang dikolaborasikan dengan alunan ‘Serune’.

Disampaikan bahwa sakeco yang akan ditampilkan berisi syair tentang keberhasilan program gotong royong di KSB yang dipadukan dengan alunan serune dan sedikit koreografi. “Kami juga mempersiapkan video khusus sebagai pendukung selama pementasan berlangsung, karena memang ingin menyajikan penampilan yang spektakuler,” tegasnya. **