Sosbud

DWP Unit Dinas Arpus KSB Digandeng Kelas Kecil Perpustakaan

Taliwang, – Program kelas kecil yang dilaksanakan bidang pengembangan Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat (Arsip KSB) terus dilaksanakan. Selasa 29/3 kemarin menggandeng Dharma Wanita Persatuan (DWP) unit Dinas Arsip.

Kegiatan kerjasama itu sendiri fokus pada pelatihan keterampilan merangkai buket snack dari bahan limbah kertas dan plastik dengan menghadirkan Susilowati, S.Kom sebagai narasumber  atau relawan kelas keterampilan tersebut. Program kelas kecil menjadi salah satu inovasi berkelanjutan.

Sendawan Muis selaku ketua DWP Unit Dinas ARPUS dikesempatan itu mengatakan, tema yang dipilih cukup diminati karena saat ini sedang trending di berbagai media sosial, apalagi bahan baku untuk mengasah keterampilan cukup mudah didapat dan murah. “Hasilnya nanti bernilai ekonomi sekaligus juga dapat menjadi saluran relaksasi, termasuk bisa menjadi media penguat ikatan emosional (bounding) antara ibu dan anak jika dipraktekkan dalam lingkungan rumah masing–masing,” tuturnya.

Masih keterangan Sendawan Muis, merangkai buket snack ini sekaligus sebagai upaya mengolah limbah rumah tangga berbahan kertas dan plastik menjadi benda yang dapat berfungsi dan bernilai. “Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang diskusi dan silahtrurrahmi antar anggota DWP Unit Dinas ARPUS dan lintas DWP Unit lainnya serta peserta dari kalangan umum,” lanjutnya.

Hasil pelatihan berupa buket snack yang dirangkai oleh masing – masing utusan DWP Unit tersebut diharapkan dapat menjadi contoh untuk direplikasi dengan menggunakan bahan baku lainnya sesuai kebutuhan.

Ke depan, kerjasama pelibatan masyarakat sejenis dapat dilaksanakan dengan tema lainnya yang sedang trending dan dibutuhkan masyarakat terutama kaum perempuan sebagai jalan meningkatkan pemberdayaan perempuan dan mewujudkan Perpustakaan Umum Kabupaten Sumbawa Barat sebagai pusat kegiatan dan sumber belajar.

Sesuai keterangan resmi yang disampaikan Dinas Arsip bahwa peserta yang ikut dalam program kelas kecil dari berbagai utusan, seperti, DWP Unit SMKN 1 Brang Ene, DWP Unit Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), DWP Unit Badan Kepegawaian Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), DWP Unit Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), DWP Unit Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan DWP Unit Dinas Lingkungan Hidup (DLH), termasuk ada dari mantan pekerja migran serta siswi magang SMKN 1 Brang Ene. **