Sosbud

Korban Kebakaran Di Desa Kelanir Dapat Bantuan Pemerintah KSB

Taliwang, – Rumah milik Abdul Hadi yang berada di Desa Kelanir kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada Senin malam 13/6 kemarin ludes terbakar. Musibah kebakaran itu sendiri tidak menelan korban jiwa, mengingat keluarga pemilik rumah sedang tidak berada ditempat.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah KSB terhadap korban kebakaran, pada Selasa 14/6 kemarin telah diserahkan sejumlah bantuan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang diserahkan Amar Nurmansyah, ST, M.Si selaku Sekda KSB didampingi Abdul Hamid S.Pd selaku (Kalak) BPBD KSB. “Bantuan yang diberikan adalah kebutuhan mendesak saat ini, seperti air mineral, mie instan, telur, gula pasir, teh celup, minyak goreng, famili kit, selimut, terpal, matras serta kebutuhan sandang lainnya,” ucap Amar sapaan akrabnya.

Selain menyerahkan bantuan, pihak BPBD juga melakukan estimasi kerugian korban akibat bencana kebakaran tersebut, dimana hasilnya bahwa korban mengalami kerugian berkisar Rp. 45 juta yang terdiri dari, Lemari, Kursi Sofa, Springbet, Ranjang, Televisi, Dispenser, Kulkas, Mesin Cuci, Cosmos, Kompor Gas, Mesin air, sepeda, meja belajar, peralatan dapur serta pakaian dari keluarga korban.

Menyinggung soal kronologis kejadian, Abdul Hamid menceritakan dari hasil pengumpulan informasi dari tim BPBD, jika saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, dimana istri beserta dua anak korban saat itu berada di Kabupaten Sumbawa, sementara Abdul Hadi selaku kepala keluarga sedang bekerja (pejaga malam sekolah). “Saat kejadian tidak ada orang dalam rumah,” bebernya.

Masih keterangan Abdul Hamid, dugaan sementara sumber api dari arus pendek, namun dirinya tidak bisa memastikan untuk pembuktian, lantaran bukan menjadi kewenangan pihaknya melakukan pendalaman. “Informasi terakhir yang kami terima sumber api dari korsleting listrik,” terangnya. **