Politik

KPU KSB Gelar Nonton Bareng Peluncuran Tahapan Pemilu Tahun 2024

Taliwang, – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Barat (KPU KSB) melaksanakan acara nonton bareng peluncuran tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Acara yang dipusatkan di Hanipati Resto pada Selasa Malam 14/6 kemarin dihadiri perwakilan dari Partai Politik (Parpol).
Pantauan langsung media ini, jika dalam acara peluncuran itu didengarkan sambutan dari pemerintah pusat yang diwakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof Tito Karnavian, selanjutnya wakil ketua DPD RI, Nono Sampono, kemudian ketua DPR RI, Puan Maharani dan dilanjutkan Hasyim Asy’ari selaku ketua KPU RI.
Denny Saputra selaku ketua KPU KSB saat dikonfirmasi media ini disela acara menegaskan, jika kegiatan peluncuran tahapan pemilu 2024 bukan sekedar mendengar sambutan dari berbagai pihak tetapi bentuk penyampaikan KPU pusat melalui KPU KSB kepada stakeholder dan publik secara umum jika telah ditetapkan jadwal dan tahapan Pemilu 2024. “Lounching ini sebagai pertanda bahwa tahapan Pemilu 2024 dimulai,” ucapnya.
Dikesempatan itu Denny sapaan akrabnya juga menegaskan, jika acara peluncuran ini juga untuk memastikan bahwa semua pihak bisa mendapatkan informasi tentang Pemilu secara komperensif terkait dengan jadwal dan tahapan Pemilu 2024. “KPU KSB sekarang siap untuk memberikan informasi terkait dengan Pemilu mendatang,” lanjutnya.
Hal penting lain dari tujuan pelaksanaan acara peluncuran adalah upaya menepis isu yang berkembang tentang adanya rencana penundaan pelaksanaan pemilu. “Kegiatan sekarang menjawab isu tentang adanya penundaan Pemilu atau memastikan bahwa pemilu tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal,” tegasnya.
Masih keterangan Denny, kegiatan yang dilaksanakan juga sebagai bentuk komitmen dan pernyataan kesiapan KPU KSB untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu sekaligus Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang kita ketahui berhimpitan. “Sekarang KPU KSB sudah menggulirkan tahapan Pemilu dan dalam waktu tidak terlalu lama akan menggulirkan tahapan Pilkada,” bebernya.
Untuk tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai pada 14 Juni (hari ini, red) dengan agenda perencanaan program dan anggaran, selanjutnya pemuktahiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih berlangsung antara 14 Oktober sampai 21 Juni 2023, sementara pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu pada 29 Juli sampai 13 Desember 2022 dan 14 Desember 2022 adalah penetapan peserta pemilu.
Penetapan jumlah kursi dan penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) pada 14 Oktober 2022 sampai 9 Februari 2023. Untuk pencalonan anggota DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/Kota serta presiden dan wakil presiden pada 19 Oktober 2022 sampai 25 November 2023.
Tahapan kampanye dijadwalkan pada 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024 dilanjutkan Mada tenang 11-13 Februari 2023. Untuk pemungutan dan penghitungan suara dilanjutkan rekapitulasi hasil penghitungan suara 14 Februari-20 Maret 2025. Jadwal penetapan hasil pemilu beserta sumpah janji anggota DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/Kota serta presiden dan wakil presiden akan disusun berikutnya. **