Sosbud

Semangat Meningkatkan MInat Baca, Dinas Arpus KSB Manfaatkan Momentum CFD

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) sangat bersemangat untuk meningkatkan minat baca. Buktinya, pada berbagai momentum selalu hadir lengkap dengan mobil perpustakaan keliling, termasuk setiap perhelatan Car Free Day (CFD) yang dilaksanakan setiap akhir bulan.

Mariati S.Adm selaku kabid perpustakaan kepada media ini menuturkan, jika momentum CFD bukan hanya dimanfaatkan untuk menyampaikan koleksi buku perpustakaan, tetapi juga sebagai bentuk ajakan agar mau mendatangi perpustakaan, karena telah disiapkan berbagai fasilitas pendukung. “Saat pelaksanaan CFD, jumlah pengunjung cukup banyak dan momentum itu yang dimanfaatkan,” ucapnya.

Masih keterangan Mariati, kehadiran pada momentum CFD bukan hanya memamerkan buku lengkap dengan perpustakaan keliling, tetapi juga aktif dalam mengajak pengunjung, lebih khusus anak-anak untuk mau membaca atau mendengarkan cerita dari buku koleksi. “Bagi anak yang senang mendengar cerita, akan dibacakan buku sesuai pilihan,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Mariati juga mengaku bahwa pada CFD beberapa waktu lalu, pihaknya bekerjasama dengan ‘Ruang Balong’ atau kelompok masyarakat yang sangat peduli dengan dunia pendidikan dan pastinya memiliki komitmen yang sama dengan Dinas Arpus. “Teman-teman dari ‘Ruang Balong’ mengelola lokasi CFD untuk bisa memancing pengunjung,” terangnya.

Terkait dengan komitmen meningkatkan minat baca, Mariati berharap kepada komponen masyarakat yang akan melaksanakan program dengan pelibatan banyak orang, diminta untuk mengajak Dinas Arpus KSB melalui bidang Perpustakaan, agar dilokasi bisa hadir dengan kendaraan sebagai perpustakaan keliling. “Perlu berbagai terobosan dan kebersamaan dalam meningkatkan minat baca,” tuturnya.

Mariati mengakui bahwa dari sejumlah literasi menyampaikan tentang strategi dalam rangka meningkatkan minat baca, bisa dengan memperkenalkan buku sejak balita, sering memberi hadiah buku, awali dengan membaca dongeng, beri contoh, ciptakan ruang baca yang menarik, manfaatkan gadget. “Cara meningkatkan minat baca buku di era digital bisa diawali dengan memperkenalkan anak dengan bahan bacaan, lakukan secara rutin untuk selalu membaca buku cerita pada anak setiap hari dan cobalah ajak ke perpustakaan setidaknya seminggu sekali,” katanya.

Literasi lainnya juga menyampaikan cara agar siswa gemar membaca buku, yaitu dengan meluangkan waktu dalam pembelajaran, dimana guru senantiasa memberi peluang dan waktu agar anak membaca buku sumber belajar, kemudian memberi tugas rumah agar siswa membaca, belajar di pustakaan dan mengadakan lomba menulis, serta tidak lupa melakukan evaluasi kegiatan membaca. **