Dinas Arpus KSB Ajak Membaca Anak-Anak Pengunjung CFD

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) memiliki cara sendiri untuk meningkatkan minat baca. Salah satunya, menghadirkan mobil Perpustakaan keliling dalam areal pelaksanaan Car Free Day (CFD), agar bisa mengajak para pengunjung untuk mau membaca, terutama anak-anak usia sekolah.

Pantauan langsung media ini dilokasi pelaksanaan CFD, cukup banyak anak-anak yang mau bergabung diareal keberadaan mobil perpustakaan keliling, lantaran bukan hanya bisa membaca buku, tetapi mendengarkan cerita atau dongeng dari para pembina yang tergabung dalam Ruang Balong. “Kami memang sengaja bekerjasama dengan Ruang Balong,” kata Mariati S.Adm selaku kabid Perpustakaan pada Dinas Arpus.

Masih keterangan Mariati, bagi anak yang mau bergabung sekaligus akan menjadi pembaca cerita dihadapan teman-temannya, diberikan hadiah khusus yang memang telah disediakan. “Kami coba mengajak anak untuk berani tampil dihadapan teman-temanya, sekaligus membacakan cerita pendek. Bagi yang berani tampil diberikan hadiah,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Mariati mengakui bahwa strategi ikut dalam arena CFD dan mempersiapkan sesi khusus bersama anak-anak sangat tepat. Buktinya, ada beberapa orang anak yang sengaja datang ke KTCsaat pelaksanaan CFD hanya untuk membaca buku dan mendengarkan cerita dari para pembimbing. “Semoga ikhtiar yang dilakukan menjadi awal yang baik dalam meningkatkan minat baca,” ungkapnya.

Ir Abdul Muis Syafi’i, MM selaku kepala Dinas Arpus yang ikut berada dilokasi mengaku sangat bangga, lantaran melihat anak-anak yang sangat antusias membaca buku yang disiapkan, termasuk mendengarkan cerita. “Kuis yang diberikan bisa dijawab oleh anak-anak pengunjung perpustakaan keliling. Hal itu membuktikan bahwa kehadirannya memang untuk membaca,” tuturnya sambil menegaskan bahwa momentum CFD bukan hanya dimanfaatkan untuk menyampaikan koleksi buku perpustakaan, tetapi juga sebagai bentuk ajakan agar mau mendatangi perpustakaan.

Diingatkan Muis, strategi dalam rangka meningkatkan minat baca bisa dengan memperkenalkan buku sejak balita, sering memberi hadiah buku, awali dengan membaca dongeng, beri contoh, ciptakan ruang baca yang menarik, manfaatkan gadget. “Cara meningkatkan minat baca buku di era digital bisa diawali dengan memperkenalkan anak dengan bahan bacaan, lakukan secara rutin untuk selalu membaca buku cerita pada anak setiap hari dan cobalah ajak ke perpustakaan setidaknya seminggu sekali,” katanya. **