Tahapan Berakhir, Bawaslu KSB Lantik Anggota Panwaslu Kecamatan

Taliwang, – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sumbawa Barat (Bawaslu KSB) pada Jumat 28/10 kemarin, telah melantik 24 orang anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan membantu melakukan pengawasan pada Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Karyadi, SE selaku ketua Bawaslu KSB dalam sambutannya mengatakan, jika demokrasi substanstif yang termanifestasi dalam pemilu yang berintegritas dapat dicapai, dibutuhkan personil pengawas dari tingkat pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai dengan tingkat pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Bawaslu sebagai salah satu penyelenggara pemilu, bertugas untuk mengawal tegaknya demokrasi untuk memastikan berjalannya semua tahapan pemilu sesuai dengan regulasi peraturan perundang-undangan yang ada,” ucapnya.

Lanjut Karyadi, pelaksanaan pemilu yang berintegritas, akuntabel dan berkualitas merupakan salah satu tujuan yang hendak dicapai dari praktik demokrasi substantif, sehingga negara ini membutuhkan peran langsung masyarakat untuk melakukan pengawasan. “Kita semua saat ini menjadi bagian penting dalam memastikan pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Karyadi juga mengakui, jika dalam menentukan 24 orang untuk menjadi anggota Panwascam bukanlah perkara yang sederhana, karena dari 48 putra-putri terbaik KSB yang dinyatakan lulus dalam tahapan seleksi memiliki kompetensi masing-masing. “Kami berharap pilihan kami tepat dan akan maksimal melakukan pengawasan,” harapnya.

Dikesempatan itu Karyadi juga menyampaikan apresiasi terhadap personil Panwascam yang telah dilantik dan mengingatkan, jika dipundak Sahabat sekalian disematkan beban Negara untuk wajib menumpahkan seluruh daya upaya, seluruh pikiran dalam mengawal proses demokrasi sampai ke titik akhir dimana pemimpin-pemimpin daerah dan pemimpin Negara ini hadir sebagai Khalifah dibumi Pertiwi ini. “Sebagai pimpinan Bawaslu KSB, saya juga menyadarkan harap dan asa kepada seluruh Sahabat sekalian untuk bersama-sama kami mewujudkan tujuan penyelenggaraan pemilu,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam acara itu dilaksanakan pengucapan sumpah janji yang dipimpin Gufran S.Pdi, MM.Inov selaku komisioner Bawaslu KSB. Pembacaan sumpah itu menjadi bagian sakral dan berjalan khidmat. **