Bakesbangpol KSB Akui Kondusifitas Tetap Terjaga Pasca Pilkades

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) mengakui, jika kondusifitas daerah tetap terjaga pasca pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Hal ini membuktikan tingginya tingkat kesadaran masyarakat.

“Memang saat suksesi Pilkades sempat dilakukan pemetaan Desa yang rawan terjadi konflik. Hal itu sebagai upaya untuk kesiapan langkah penanganan, namun setelah dilakukan pemilihan sampai pada penetapan, justru tidak ada Desa yang mengalami konflik,” kata Drs Zainuddin, MM selaku sekretaris Bakesbangpol KSB saat dikonfirmasi.

Masih keterangan Zainuddin, tetap terjaga kondusifitas daerah memang sangat luar biasa pasca memanas situasi saat Pilkades, sehingga patut diberikan apresiasi serta penghargaan kepada seluruh masyarakat, dimana memiliki komitmen yang kuat dalam memastikan KSB selalu aman dan dapat mempertahakan diri sebagai daerah zero horizontal konflik. “Luar biasa kondusifitas daerah pasca pilkades,” akunya.

Dikesempatan itu Zainuddin berharap kepada seluruh masyarakat, agar bisa terus mempertahankan komitmen menjaga daerah, mengingat saat ini sudah memasuki tahun politik besar, dimana akan dilaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih Presiden dan anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD RI. “Kalau kita memiliki komitmen yang sama untuk menjaga daerah, maka yakin saja KSB tetap kondunsif pasca Pemilu 2024 mendatang,” tuturnya.

Zainuddin tidak membantah bahwa eforia Pemilu sudah mulai dirasakan saat ini, termasuk suksesi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang direncanakan November 2024 mendatang. Hal itu dibuktikan dengan terus bermunculan alat peraga sebagai media promosi terhadap calon pimpinan daerah tersebut. “Eforia dengan munculnya alat peraga politik bukan berarti potensi konflik, namun tetap diantisipasi bersama,” pintanya.

Terakhir Zainuddin berharap, komitmen menjaga kondusifitas daerah bukan hanya dari masyarakat secara umum, tetapi juga harus ditunjukan oleh para pelaku dan elit politik. “Mari kita berpolitik dengan tetap menjaga kondusifitas daerah, apalagi KSB saat ini sedang berkembang investasi,” ungkapnya. **