Dinas Arpus Tetap Semangat Meningkatkan Minat Baca Pelajar

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tetap (Arpus) semangat untuk terus meningkatkan minat baca pelajar. Salah satu cara dengan mengajak semua satuan pendidikan (Sekolah, red) untuk maksimal mengembangkan perpustakaan.

“Salah satu cara yang dilakukan dalam mengajak sekolah untuk menata dan mengembangkan perpustakaan dengan melaksanakan lomba perpustakaan. Kegiatan itu sudah berlangsung dan akan segera diumumkan pemenangnya,” kata Ir Abdul Muis, MM selaku kepala Dinas Arpus KSB saat didampingi Mariati S.Adm selaku kabid Perpustakaan.

Masih keterangan Muis sapaan akrabnya, lomba perpustakaan yang dilaksanakan tahun ini bukan sekedar bertujuan untuk meningkatkan minat baca, tetapi juga untuk mengembalikan semangat meningkatkan minat literasi siswa. “Kita menyadari masih kurang semangat berliterasi, terutama membaca dan menulis. Ini yang terus kita dorong melalui berbagai program, salah satunya melalui lomba perpustakaan,” ungkapnya.

Dikesempatan itu Muis menegaskan, jika lomba perpustakaan yang digelar berbeda dengan lomba lainnya, karena dalam kegiatan itu pihaknya lebih pada melakukan pengecekan langsung terkait dengan penanganan dan pengelolaan perpustakaan dari pihak sekolah. “Tim mendatangi sekolah untuk melihat, apakah sudah memiliki gedung khusus perpustakaan, koleksi buku yang dimiliki, sarana dan prasarana penunjang yang tersedia,” lanjutnya.

Hal penting lain yang disampaikan Muis, jika dari lomba yang digelar akan diketahui apa yang perlu menjadi perhatian dari masing-masing perpustakaan sekolah tersebut. “Kami bukan sekedar memberikan penilaian, tetapi juga menyampaikan saran serta petunjuk untuk dijadikan pijakan dari pihak sekolah, sehingga keberadaan perpustakaan sekolah menjadi bagian penting dalam meningkatkan minat baca pelajar,” tandasnya.

Sementara Mariati dikesempatan itu mengingatkan, jika hasil penilaian atas lomba perpustakaan sudah ada, namun belum diumumkan secara resmi, lantaran masih menunggu waktu dan kesempatan. “Apakah pengumuman hasil lomba pada puncak Hari Lahir (Harla) KSB ke-19 atau akan dicarikan waktu lain. Momentum itu sendiri sedang dikoordinasikan,” tuturnya.

Meskipun hasil dari lomba sudah ada, Mariati tetap mengelak untuk memberikan keterangan secara rinci sekolah yang menjadi juara. **