Dinas Arpus KSB Siap Laksanakan Program Kelas Kecil Perpustakaan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui bidang Perpustakaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) mulai mempersiapkan rencana pelaksanaan program “Kelas Kecil”. Koordinasi yang terbangun untuk sementara waktu dengan satuan pendidikan (sekolah, red).

“Saat ini masih dalam bentuk koordinasi dan menunggu sekolah yang lebih awal siap menjadi peserta dalam program kelas kecil atau kegiatan edukasi terkait berbagai yang ingin diketahui, jadi belum bisa dipastikan kapan program kelas kecil dengan mekanisme gotong royong itu akan mulai dilaksanakan,” kata Mariati S.Adm selaku kabid perpustakaan saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Lanjut Mariati, program inovasi itu sendiri bukan sekedar sebagai upaya meningkatkan minat baca generasi muda dan pelajar, tetapi sebagai gambaran adanya kerjasama antar pihak dengan pemerintah. “Narasumber dalam program itu bukan hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membantu menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan, termasuk doorprize bagi peserta yang ikut,” lanjutnya.

Diingatkan Mariati, program kelas kecil lebih banyak dilaksanakan dalam areal perkantoran Dinas Arpus, jadi untuk tahun ini ada rencana pelaksanaan pada sekolah itu sendiri, sehingga peserta bisa lebih banyak. “Sudah ada beberapa sekolah yang mengajukan minat terlibat dengan program kelas kecil dan berharap dilaksanakan pada sekolah itu sendiri, tetapi harus ada pembahasan lebih lanjut sebelum menjadi keputusan,” ungkapnya.

Terkait dengan adanya permintaan sejumlah sekolah itu sendiri, Mariati tidak bisa memberikan kepastian sampai menetapkan waktu pelaksanaannya. “Tetap kita akan merespon baik permintaan tersebut, namun untuk waktu tidak perlu ditetapkan atau bisa dilaksanakan secara tentatif,” tuturnya sambil mengaku bahwa saat ada waktu luang dan tersedia nara sumber langsung disusun jadwalnya.

Diingatkan Mariati, untuk melaksanakan kelas kecil diluar areal kantor, pihaknya harus mempersiapkan berbagai kebutuhan penting lainnya, karena setiap kunjungan tetap mengikutsertakan mobil perpustakaan keliling. “Setiap selesai mendapat materi pada program kelas kecil perpustakaan, para peserta dapat membaca buku yang tersedia pada mobil perpustakaan keliling yang disiapkan dilokasi acara,” katanya. **