Bupati KSB Ingatkan Kembali Tujuan Pembentukan AGR

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM menegaskan, jika untuk percepatan pembangunan daerah bukan hanya tugas pemerintah, tetapi ada peran langsung semua komponen masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan pelibatan berbagai pihak, termasuk membentuk Agen Gotong Royong (AGR) yang akan membantu melaksanakan program unggulan pemerintah.

H Firin sapaan akrab Bupati KSB mengingatkan, jika pemerintah saat ini telah memiliki personil yang merupakan perwakilan masyarakat untuk tergabung dalam AGR. “Tujuan pembentukan AGR sudah sangat jelas, jadi bukan hanya memberikan ruang dan kesempatan kepada masyarakat dalam membantu percepatan pembangunan, tetapi memberikan juga tanggung jawab pembangunan itu sendiri,” ungkapnya.

Dikesempatan itu H Firin mengingatkan juga kepada AGR agar selalu menerapkan pola hubungan horizontal dalam menjalankan tugasnya. “Jangan lagi menggunakan pola vertikal atau dari atas kebawah, geser dia ke pola hubungan Horizontal yaitu hubungan sosial antara masyarakat. Contoh prakteknya adalah ketika kita ingin mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu, jangan kita katakan dengan kalimat perintah tapi katakan dengan bahasa minta tolong, mohon dibantu atau bahasa lainnya yang tetap menjaga harkat dan martabat orang lain,” tandasnya.

Selain itu Bupati menekankan juga para agen untuk tidak boleh memiliki prilaku ekslusif, karena memang prilaku dimaksud tidak akan ada tempat di tengah masyarakat, sehingga diminta untuk membiasakan atau menerapkan inklusif atau sama rata dan sama rasa. “Saya minta AGR tidak memiliki prilaku individual, namun harus bisa sosial kemasyarakatan,” lanjutnya.

Disaat itu juga H Firin mengingatkan, pemerintah KSB sampai saat ini masih tetap melaksanakan forum Pelayanan Setara Inklusif Andalan (Yasinan). Kegiatan itu sendiri untuk menghilangkan kesan bahwa Pemerintah itu eksklusif. “Pemerintah bersama AGR sebagai pelayan masyarakat, jadi harus bersifat inklusif artinya mengutamakan kesetaraan,” tuturnya.

Hal penting lain yang disampaikan orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu, pemerintah KSB bersama seluruh aparatur akan terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga mendorong seluruh aparatur untuk terus mengedepakan kerja Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sunggu (IJS). **