Abdul Hamid : Pekerjaan Pasca Bencana Menjadi Tugas Bersama

Taliwang, – Penanganan kerusakan fasilitas umum yang terjadi akibat bencana banjir beberapa waktu lalu di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tetap menjadi perhatian serius, namun penanganan dan perbaikan bukan menjadi tanggung jawab Badan Pelaksana Bencana Daerah (BPBD), tetapi sudah menjadi tugas bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Tanggung jawab terakhir yang dilaksanakan BPBD KSB sampai pada transisi pemulihan, sementara sekarang ini masuk pada tahap pasca bencana, jadi semua SKPD langsung mengambil peran masing-masing untuk melakukan perbaikan fasilitas yang menjadi tanggung jawabnya dengan mengajukan anggaran,” kata Abdul Hamid S.Pd selaku Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KSB saat dikonfirmasi media ini, Kamis 16/3 kemarin.

Dicontohkan Abdul Hamid, jika ada ruas jalan dan jembatan yang rusak akibat bencana, maka akan menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk menyiapkan anggaran perbaikan, begitu juga dengan fasilitas pendidikan akan menjadi kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk penanganannya.

Penyampaikan Abdul Hamid itu sendiri sebagai informasi kepada masyarakat, jika pemerintah tetap menjadikan perhatian serius penanganan atas fasilitas yang rusak pasca terjadi bencana banjir, namun perbaikan tidak terpusat pada BPBD KSB. “Perlu juga diberikan edukasi kepada masyarakat sistem kerja pemerintahan, sehingga penanganan lebih lanjut bukan lagi dibebankan kepada BPBD,” terangnya sambil menegaskan bahwa masyarakat tetap bisa menyampaikan laporan kerusakan jika memang ada dan terlewatkan dari pendataan pemerintah.

Dikesempatan itu Abdul Hamid juga mengingatkan bahwa sampai saat ini potensi terjadinya bencana masih terjadi, sehingga mendorong masyarakat untuk selalu waspada, agar tidak menjadi korban dari bencana tersebut. “Salah satu kewajiban yang terus dilaksanakan BPBD saat ini adalah menghimbau untuk waspada dengan berbagai bencana,” ungkapnya.

Diakhir keterangannya, Abdul Hamid memberikan apresiasi atas ketangguhan masyarakat menghadapi bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, termasuk kewaspadaan sampai tidak ada korban jiwa. **