Dikbud KSB Pastikan SD dan SMP Siap Gelar Ujian Sekolah

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menyatakan, jika semua satuan pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah siap menggelar Ujian Sekolah, bahkan soal ujian sekolah yang akan dilaksanakan 3-6 April sudah selesai terdistribusi.

“Kami bersama dengan semua satuan pendidikan (Sekolah, red) sudah sangat siap untuk melaksanakan ujian sekolah yang bertujuan untuk menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk semua mata pelajaran sesuai Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP),” kata Khusnarti S.Pd selaku kepala Dikbud KSB.

Selanjutnya Narti sapaan akrabnya mengingatkan, keikutsertaan Ujian Sekolah sebagai salah satu dasar penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan juga sebagai perbaikan proses pembelajaran dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. “Komitmen kuat kami untuk menyukseskan semua proses ujian sekolah semoga dibarengi dengan dukungan orang tua dari para siswa, agar selalu memberikan pendampingan kepada anak selama pelaksanaan ujian, sehingga bisa mengikuti semua pelaksanaan ujian,” lanjutnya.

Untuk memastikan semua tahapan ujian berjalan lancar, Narti memastikan bahwa pihaknya bersama jajaran akan melakukan pengawasan keliling, termasuk menempatkan tim Dikbud untuk berkoordinasi dengan sekolah, sehingga setiap persoalan yang muncul dapat langsung diatasi bersama.

Narti sapaan akrabnya mengingatkan bahwa mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang SD adalah, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sementara untuk jenjang SMP akan diujikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris. “Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, PJOK, Seni Budaya dan Prakarya dan Muatan Lokal juga dilaksanakan Ujian Praktek,” terangnya.

Ditambahkan Narti bahwa Ujian Sekolah dilaksanakan satuan pendidikan dalam bentuk Portofolio atau berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan dan sebagainya), penugasan, tes secara daring atau luring, dan/atau bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh Satuan Pendidikan. **