Setelah Mutasi, Pemerintah KSB Gelar Pansel Pengisian JPT Pratama

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dipastikan dalam waktu tidak terlalu lama akan melaksanakan mutasi, mengingat ada sejumlah jabatan eselon III yang lowong, lantaran pejabat sebelumnya memasuki masa purna tugas (pensiun). Pergeseran itu sendiri sebagai persiapan awal pelaksanaan seleksi terbuka, karena ada 6 orang yang kini menjabat sebagai kepala Dinas memasuki masa pensiun.

Meskipun kepastian waktu pelaksnaan mutasi atau pergeseran pejabat belum jelas, namun sudah mulai terlihat tim Badan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan (Bapperjakat) mempersiapkan dokumen dan rapat. “Memang sudah ada perintah Bupati KSB untuk mempersiapkan mutasi dalam rangka pengisian sejumlah jabatan lowong,” aku H Abdul Malik Nurdin, S.Sos, M.Si selaku kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KSB.

Dikesempatan itu H Malik sapaan akrab tidak menyebutkan, apakah mutasi yang direncanakan itu akan menyasar pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Itu semua kewenangan Bupati KSB selaku pembina kepegawaian yang menentukan, namun yang pasti Bapperjakat mempersiapkan semuanya, termasuk eselon II itu sendiri,” lanjutnya.

Menyinggung soal seleksi terbuka untuk mencari pengganti 6 orang pejabat eselon II yang segera pensiun itu, H Malik mengingatkan ada orang pejabat yang bakal pensiun ditahun ini, sehingga ada kemungkinan pelaksanaan pansel lebih dari sekali. “Masih menunggu petunjuk pimpinan daerah, apakah pelaksanaan seleksi untuk semua jabatan yang akan lowong atau secara bertahap sesuai pejabat bersangkutan memasuki masa pensiun,” ungkapnya.

Dibeberkan H Malik, masa pensiun dari para pejabat bersangkutan dimulai pada Juli mendatang, selanjutnya pada bulan September ada 2 orang yang memasuki purna tugas, kemudian 3 orang lagi pada Desember 2023. “Jika pimpinan ingin mengisi langsung jabatan lowong, maka seleksi dilaksanakan secara bertahap atau tidak serentak pada 6 jabatan dimaksud,” tandasnya.

Sebagai informasi, pejabat yang akan memasuki masa pensiun adalah, Drs H Hamzah yang kini menjabat sebagai kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP). Supiarno, S.Pt, MM yang kini menjabat sebagai asisten III Setda KSB. Agus Hadnan S.Pd selaku kepala Dinas Polisi Pamong Praja (Pol PP). Ir H Muslimin HMY, M.Si selaku kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Ir Lalu Muhammad Azhar, MM yang kini menjadi kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) dan Slamet, SP, MM selaku kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH). **