Dinas Arpus KSB Punya Program Untuk Tingkatkan Minat Baca

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) memiliki semangat kuat untuk bisa meningkatkan minat baca, sehingga mempersiapkan sejumlah program untuk dilaksanakan, terutama peruntukan dalam satuan pendidikan (Sekolah, red).

“Kami menyiapkan sejumlah program yang akan melibatkan langsung para pelajar. Hal itu bisa menjadi bagian dalam mengajak para pelajar itu sendiri untuk membaca,” kata Ir Abdul Muis, MM selaku kepala Dinas Arpus KSB saat didampingi Mariati S.Adm selaku kabid Perpustakaan.

Salah satu program inovasi yang masih tetap dilaksanakan adalah “Kelas Kecil”. Program itu sendiri bukan sekedar sebagai upaya meningkatkan minat baca generasi muda dan pelajar, tetapi sebagai gambaran adanya kerjasama antar pihak dengan pemerintah, karena yang akan menjadi narasumber akan membantu menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan, termasuk doorprize bagi peserta yang ikut.

Selain itu, program kelas kecil yang sudah mulai dilaksanakan dalam areal sekolah, Dinas Arpus KSB mengikutsertakan mobil perpustakaan keliling, sehingga para pelajar dapat mengetahui koleksi buku milik perpustakaan dan langsung membaca dilokasi. “Setiap selesai mendapat materi pada program kelas kecil, para peserta dapat membaca buku yang tersedia pada mobil perpustakaan keliling yang disiapkan dilokasi acara,” lanjutnya.

Program lain yang menjadi ikhtiar meningkatkan minat baca adalah lomba perpustakaan, karena kegiatan dimaksud bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan minat baca, tetapi juga untuk mengembalikan semangat meningkatkan minat literasi siswa. “Kita menyadari masih kurang semangat berliterasi, terutama membaca dan menulis. Ini yang terus kita dorong melalui berbagai program,” ungkapnya.

Hal penting lain yang disampaikan Muis terhadap lomba perpustakaan yang pernah dilaksanakan, jika tim saat mendatang perpustakaan peserta lomba bukan hanya untuk memberikan penilaian, tetapi juga menyampaikan saran serta petunjuk yang dapat dijadikan pijakan dari pihak sekolah, sehingga keberadaan perpustakaan sekolah menjadi bagian penting dalam meningkatkan minat baca pelajar. **