Disparpora KSB Klaim Telah Ditetapkan Calon Anggota Paskibraka

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora), mengklaim telah menetapkan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) atau petugas yang akan mengibarkan bendera saat upacara memperingati hari kemerdekaan pada 17 Agustus 2023 mendatang.

“Nama sejumlah pelajar yang menjadi calon anggota Paskibraka telah ditetapkan dengan keputusan kepala Dinas Parpora dengan jumlah melebihi kouta kebutuhan, karena harus disiapkan juga cadangan sebagai pengganti jika ada yang berhalangan atau lolos seleksi tingkat provinsi,” kata Salim S.Pd selaku kabid Pora pada Disparpora KSB saat dikonfirmasi media ini kemarin.

Lanjut Salim, saat ini pihaknya masih melakukan proses untuk penetapan sebagai anggota Paskibraka dengan Surat Keputusan (SK) Bupati KSB. “SK penetapan dari Bupati KSB diusahakan rampung pada awal Juli mendatang, karena yang ditetapkan akan langsung dipanggil untuk melakukan latihan bersama yang dilanjutkan dengan pemusatan pada Awal Agustus,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Salim berharap kepada pihak sekolah, agar siswa yang terseleksi menjadi calon anggota Paskib, dapat diberikan pembinaan khusus sebagai persiapan dipanggil mengikuti pemusatan latihan. “Siswa yang ditetapkan dalam keputusan sebagai calon anggota Paskib diminta untuk menjaga diri, menambah pengetahuan serta kepampuan terkait dengan baris berbaris,” harapnya.

Disampaikan Salim, ada 4 orang calon anggota Paskibraka yang akan mengikuti seleksi tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan dalam beberapa hari ini akan mulai mengikuti seleksi. “2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan yang terpilih sebagai kandidat paskibraka tingkat NTB dan bisa jadi akan diutus sampai tingkat nasional,” ungkapnya.

Informasi yang perlu diketahui bersama, setelah ada SK penetapan sebagai anggota paskibraka dari Bupati KSB diterbitkan, maka pekan terakhir Juli mendatang wajib hadir mengikuti pra latihan. Selanjutnya akan dilakukan pemusatan latihan dan juga harus tinggal pada satu lokasi yang disiapkan. “Pekan terakhir Juli mulai pemusatan latihan,” tegasnya. **