Dikbud KSB Pastikan Sekolah Terdampak Banjir Mulai Ditangani

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) memastikan, jika sekolah yang rusak akibat diterjang banjir baik yang ada di Kecamatan Taliwang maupun Brang Rea telah menjadi perhatian khusus untuk dilakukan perbaikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Sudah dianggarakan dalam APBD tahun 2023 ini untuk perbaikan semua kerusakan pada satuan pendidikan (sekolah, red). Hal itu sebagai salah satu komitmen pemerintah untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Khusnarti, S.Pd selaku kepala Dikbud KSB.

Lanjut Narti sapaan akrabnya, anggaran untuk perbaikan atas kerusakan sekolah yang disiapkan sebesar Rp. 1,6 miliar, karena yang akan dilakukan perbaikan bukan hanya fasilitas pendukung sekolah, tetapi juga pergantian atas fasilitas belajar. “Bukan hanya tembok belajar dan pagar sekolah yang rusak, tetapi ada beberapa alat elektronik yang sangat dibutuhkan juga jadi korban banjir,” lanjutnya.

Masih keterangan Narti, perbaikan kerusakan akibat banjir bukan saja pada sarana (fisik), tetapi juga akan ada penataan sekolah agar lebih menarik, tidak kumuh dan memenuhi standar yang berlaku menjadi skala prioritas pemerintah. “Diharapkan bisa sekalian dengan melakukan penataan sekolah, “tuturnya.

Gerak cepat pemerintah KSB untuk melakukan perbaikan atas fisik dan sarana sekolah sebagai bentuk komitmen serius meningkatkan mutu pendidikan, apalagi peningkatan disektor pendidikan merupakan salah satu prioritas yang akan dilaksanakan pemerintah tahun ini. “Pemenuhan anggaran 20 persen dibidang pendidikan sesuai amanat undang-undang juga sudah direalisasikan pemerintah KSB,” tegasnya.

Terkait dengan pekerjaan fisik dan fasilitas belajar sekolah, Narti berharap rekanan yang diberikan kepercayaan memiliki komitmen serius ikut memajukan pendidikan, sehingga dapat melaksanakan pekerjaan sesuai spesifikasi dan pastikan dapat tuntas pada waktunya. **