Tunggu Rekomendasi KASN, Pemerintah KSB Akan Menggelar Mutasi

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berencana melaksanakan mutasi dan rotasi pada pejabat setingkat pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Buktinya, telah melayangkan surat permohonan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi.

Dalam surat yang ditanda tangani Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati KSB itu bukan hanya terkait dengan rencana untuk melaksanakan rotasi seluruh jabatan, tetapi juga terkait rencana untuk membuka seleksi untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau pejabat eselon II, lantaran dalam waktu dekat ada beberapa orang yang memasuki masa pensiun.

“Pimpinan daerah sekarang ini sedang menunggu surat atau rekomendasi dari KASN untuk melaksanakan pergeseran pejabat, termasuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mana yang akan dibiarkan lowong untuk diseleksi terbuka,” kata H Abdul Malik Nurdin S.Sos, M.Si selaku kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Lanjut H Malik sapaan akrabnya, pihaknya berharap dalam pekan ini sudah bisa diterima salinan surat rekomendasi dari KASN, sehingga pimpinan daerah selaku pemilik kewenangan dapat segera mengambil keputusan, baik soal mutasi dan rotasi maupun seleksi terbuka untuk pimpinan SKPD lowong nantinya.

Menyinggung soal pansel pengisian jabatan lowong, H Malik mengakui bahwa dalam permohonan yang disampaikan pada KASN, jika pemerintah KSB akan membuka untuk tiga jabatan terlebih dahulu. “Dalam tahun ini, ada 6 orang pejabat eselon 2 yang akan memasuki masa purna tugas (pensiun), namun 3 orang akan pensiun dalam waktu tidak terlalu lama lagi,” terangnya.

Sebagai informasi, pejabat yang akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat ini adalah, Drs H Hamzah selaku kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) pada bulan Juni, Agus Hadnan S.Pd selaku kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pada bulan Agustus dan Supiarno, S.Pt, MM selaku Asisten Administrasi Umum (Asisten III) pada bulan September. 

Sementara 3 pejabat lainnya siap mengakhiri masa tugasnya pada akhir tahun 2023 adalah, Slamet, SP, MM selaku kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Ir Lalu Muhammad Azhar, MM selaku kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) serta Ir H Muslimin HMY M.Si selaku kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans KSB) yang akan memasuki masa purna tugasnya bersamaan pada 1 Januari 2024 nanti. **