DPMD KSB Akui, Desa dan Kelurahan Wakil KSB Ditinjau Tim Penilai Provinsi NTB

Taliwang, – Tim penilai tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk lomba Desa dan Kelurahan tahun 2023, telah melakukan pengecekan langsung pada Desa Kalimantong sebagai wakil Kabupaten Sumbwa Barat (KSB) untuk lomba Desa dan Kelurahan Menala yang mewakili untuk lomba kelurahan.

Drs Mulyadi M.Si selaku asisten Setda KSB yang mewakili Bupati KSB saat menerima kunjungan tim penilai berharap, wakil dari KSB bisa meraih prestasi terbaik. “Hal penting bukan menjadi juara, tetapi tim yang datang bisa memberikan kontribusi ilmu pengetahuan yang nanti dapat menambah pemahaman masyarakat dalam rangka meningkatkan pembangunan,” ucapnya.

Dikesempatan itu Mulyadi mengakui bahwa lomba Desa dan Kelurahan telah memberikan dorongan kepada masyarakat beserta pemerintah desa dan kelurahan untuk terus berinovasi dalam rangka percepatan pembangunan. “Desa dan kelurahan yang mewakili daerah akan terus berbenah, begitu juga Desa dan Kelurahan lain ingin juga mendapatkan kepercayaan sebagai wakil kabupaten,” lanjutnya.

Catatan penting yang disampaikan Mulyadi, lonjakan perkembangan desa dan kelurahan berdasarkan indikator dan subindikator penilaian tanpa membedakan tipe desa dan kelurahan, sehingga seluruh desa dan kelurahan berpeluang yang sama untuk menjadi pemenang. “Indikator penilaian administrasi sebesar 80 persen untuk bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan. Selanjut ada 15 persen dari klarifikasi lapangan dan 5 persen untuk pemaparan,” bebernya.

Yus Harudian Putra, S.STP selaku ketua tim penilai mengaku sangat apresiasi dengan penyambutan dari pemerintah Desa dan kelurahan selaku wakil KSB. “Sambutan masyarakat sangat luar biasa. Hal itu bisa menjadi bukti bahwa cukup tinggi kebersamaan yang terbangun dengan pemerintah Desa dan Kelurahan dalam pembangunan,” akunya.

Dikesempatan itu Yus sapaan akrabnya menegaskan, tim penilai dari berbagai pihak ini akan bekerja obyektif dalam rangka mencari Desa dan Kelurahan terbaik sesuai dengan indikator penilaian. “Bisa dikatakan semua Desa dan Kelurahan yang mewakili kabupaten/kota masing-masing sangat baik, meskipun masih ada yang perlu ada perbaikan,” ungkapnya. **