Saat Pelepasan JCH, Bupati KSB Ingatkan Selalu Jaga Kesehatan

Taliwang, – Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat (Kemenag KSB), melaksanakan acara pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH). Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Agung Darussalam KTC pada Sabtu 17/6 kemarin, dihadiri langsung Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM didampingi wakil Bupati, Fud Syaifuddin, ST dan wakil ketua DPRD KSB, Abidin Nasar, SP, MP.

H Firin sapaan akrab Bupati KSB mengawali sambutan dengan mengingatkan kepada 112 orang JCH, agar selalu menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji. “Selama melaksanakan semua rangkaian haji harus dengan ikhlas, sabar dan usaha tetap terjaga kesehatan,” ucapnya.

Hal penting yang menjadi pesan orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu, para jamaah harus juga menjaga niat ibadah tetap bersih, apalagi dengan niat ikhlas dan komitmen melaksanakan komitmen dalam menjalankan ibadah haji, maka akan menjadi imun tubuh.

Diingatkan H Firin, terkadang kita melihat saat berangkat ada jamaah yang lemas dan sepertinya kurang sehat, tetapi saat berada di tanah suci justru lebih kuat dari teman-teman lain, karena memang memiliki keikhlasan dalam melaksanakan rangkaian haji. “Kesehatan harus tetap dijaga dengan baik karena menjadi kunci suksesnya pelaksanaan ibadah haji,” Ucapnya.

Bupati kembali menekankan, bahwa dalam perjalanan yang panjang dari musdalifah hingga melempar jumrah, harus diperhatikan kesehatan nomor 1 dan begitu pula asupan yang bergizi. “Jadilah tamu yang baik, tamu yang ikhlas, yang jujur, dan yang sungguh – sungguh. Doakan kami, diri kita, keluarga, dan doakan daerah kita, agar menjadi daerah yang baldatun toyyibatun warabbhun ghafur,” tandas.

Sebagai informasi, dari total 112 orang Jamaah haji asal KSB, jamaah pria sebanyak 49 orang dan wanita sebanyak 63 orang. Para jamaah saat ini sedang dalam perjalanan menuju tanah suci pada Kloter LOP 10. **