Saat Lebaran, RSUD Asy-Syifa KSB Tetap Berikan Layanan Pasien GGK

Taliwang, – Rumah Sakit Umum Daerah Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat (RSUD Asy-Syifa KSB), tetap memberikan layanan khusus bagi penderita Gagal Ginjal Kronis (GGK) yang akan melakukan cuci darah (Hemodialisa), meskipun saat liburan panjang jelang perayaan Idul Adha 1444 H.

“Tenaga medis RSUD Asy-Syifa tetap memberikan layanan khusus bagi pasien GGK yang akan melakukan hemodialisa. Kebijakan itu sebagai bentuk komitmen seluruh jajaran dan managemen RSUD dalam meningkatkan layanan,” kata dr. Carlof Sitompul selaku Direktur Utama (Dirut) RSUD Asy-syifa.

Diingatkan Carlof, ada beberapa pertimbangan sehingga pelayanan khusus itu tetap dibuka saat hari libur, diantaranya, cuci darah adalah tindakan medis yang berikan kepada pasien sebagai satu proses untuk membuang racun dari dalam tubuh akibat ginjal yang telah rusak. Selain itu, cuci darah adalah suatu kegiatan medis yang mengikat, sehingga dia tidak bisa untuk di tunda dan bisa dikatakan sebagai kebutuhan pasien. “Karena kalau cuci darah ditunda, maka bisa berakibat fatal bagi pasien,” lanjutnya.

Lanjut Carlof, ada beberapa pertimbangan mendasar dan penting lainnya sampai harus tetap memberikan layanan meskipun hari libur jelang dan sesuah lebaran. “Inti besarnya, pihak RSUD Asy-Syifa sangat menyadari bahwa penting pelayanan hemodialisis, karena itu salah satu upaya medis dalam menyelamatkan pasien,” tegasnya.

Dikesempatan itu Carlof menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran dan para tenaga medis, karena telah membuktikan komitmen dengan tetap bekerja dan melayani selama liburan. “Luar biasa telah mengorbankan hari libur yang mestinya digunakan untuk merayakan hari besar keagamaan bersama keluarga, justru digunakan untuk melayani pasien yang membutuhkan dan semoga bisa dicatat sebagai amal ibadah,” harapnya.

Sebagaimana informasi yang bisa menjadi pengetahuan, pihak RSUD Asy-Syifa KSB telah membuka layanan Hemodialisa pada tahun 2017 lalu. Sejak layanan itu di buka, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan tersebut dari Pulau Sumbawa. Saat ini sudah banyak fasilitas kesehatan memberikan layanan hemodialisa. **