Paskib, Disparpora KSB Masih Finalisasi Administrasi dan Sarpras

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), masih menyelesaikan administrasi serta pemenuhan kebutuhan Sarana dan Prasarana (Sapras) bagi Pasukan Pengibar Bendera (Paskib) yang akan bertugas pada upacara memperingati hari kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

“Sudah ada 43 orang calon anggota Paskib yang tinggal ditetapkan melalui keputusan Bupati KSB dan dikukuhkan, jadi tinggal menunggu waktu untuk pemusatan latihan yang direncanakan pada pekan pertama pada Agustus mendatang,” ucap Indra Jaya S.Pt, M.Si selaku kabid Pemuda dan Olahraga saat ditemui media ini dalam ruang kerjanya.

Terhadap 43 orang itu, telah dipanggil untuk mengetahui ukuran baju yang akan dipergunakan pada saat pelaksanaan upacara, termasuk baju latihan selama pemusatan serta perlengkapan pendukung lainnya. “Semua kebutuhan anggota Paskib sedang diupayakan bisa rampung dalam bulan ini, sehingga pada Agustus hanya fokus pada latihan,” lanjutnya.

Masih keterangan Indra Jaya, 43 orang calon anggota Paskib akan mulai dipanggil pada 1 Agustus dan langsung mulai mengikuti pra pemusatan, dimana mereka (paskib) harus mulai mengikuti latihan awal. “Khusus dalam sepekan itu, para anggota paskib mengikuti latihan dasar dua kali dalam sehari pada 1-6 Agustus dan tidak diinapkan atau setelah latihan pulang ke rumah masing-masing,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada 7-8 Agustus latihan awal dihentikan dan semua anggota paskib libur atau mempersiapkan diri serta perlengkapan dalam rangka pemusatan latihan. “Pada 9-18 Agustus, para anggota paskib tidak lagi pulang kerumah, tetapi di inapkan terpusat pada satu tempat sampai tuntas tugas mengibarkan dan menurunkan bendera,” tandasnya.

Dikesempatan itu Indra Jaya berharap kepada para calon anggota paskib, agar selalu menjaga kesehatan dan tetap latihan khusus baris berbaris, sehingga saat pemanggilan dapat lebih mantap dan siap untuk mendapatkan tugas negara sebagai pengibar bendera. “Tetap jaga kesehatan dan kemampuan, sehingga bisa melaksanakan tugas nanti,” pintanya. **