Bupati KSB : Kemungkinan Sebelum Pansel Akan Digelar Mutasi

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berencana menggelar mutasi, lantaran ada beberapa orang pejabat eselon II yang akan memasuki masa purna tugas (Pensiun), bahkan salah seorang diantaranya, yaitu, Drs H Hamzah selaku kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) sudah pensiun pada 1 Juli lalu. Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati KSB yang dikonfirmasi media ini mengakui, jika ada kemungkinan akan melaksanakan rotasi dan mutasi pejabat terlebih dahulu, sebelum proses pengisian melalui Panitia Seleksi (Pansel) pada jabatan lowong. “Kemungkinan sebelum dipanselkan akan digelar mutasi,” ucapnya.

Masih keterangan H Firin sapaan akrab Bupati KSB, jabatan yang akan diproses melalui Pansel belum bisa diputuskan untuk saat ini, lantaran dirinya butuh analisa dan evaluasi jabatan dari Badan Pertimbangan dan Kepangkatan Jabatan (Bapperjakat). “Belum ada telaan dari tim Bapperjakat, sehingga belum bisa memutuskan waktu dan siapa saja yang akan masuk gerbong mutasi,” lanjutnya.

Dikesempatan itu H Firin mengakui, ada rencana untuk mencari penanggati Drs H Hamzah selaku kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) yang telah pensiun. “Besar kemungkinan jabatan kepala DPKP KSB tidak dipansel atau akan menunjuk salah seorang pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pengganti,” akunya.

Sementara untuk jabatan asisten 3 Setda KSB serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) yang akan lowong pada September mendatang, bisa jadi melalui proses pansel. “Saat ini, Sekda KSB selalu ketua tim Bapperjakat sedang melaksanakan ibadah haji, jadi kita tunggu sampai pulang baru ada kepastian lebih lanjut,” terangnya.

Lowong jabatan kepala DPKP rupanya memunculkan minat para pejabat lain. Buktinya ada yang meminta kepada Bupati KSB untuk dimutasi dan menduduki jabatan dimaksud. “Ada beberapa orang pejabat yang mengajukan minat sebagai kepala DPKP, termasuk ada juga yang meminta supaya digeser pada OPD lain,” tandasnya. **