Pekan Depan, Dikbud KSB Menggelar LCC Tingkat SMP/Sederajat

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) akan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) tentang Museum tingkat Sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.

“Sesuai jadwal yang telah tersusun dan sudah diketahui seluruh sekolah, jika pelaksanaan diawali dengan Technical Meeting (TC) pada 11 Juli dan dilanjutkan pada 12-14 untuk pelaksanaan,” kata Abdul Munir selaku kabid kebudayaan pada Dikbud KSB saat dikonfirmasi media ini, Selasa 4/7 kemarin.

Lanjut Munir sapaan akrabnya, hasil koordinasi dengan sejumlah sekolah, jika ada 28 SMP/sederajat yang telah menyatakan kesiapan ikut berpartisipasi. “Waktu pendaftaran yang dibuka beberapa hari lalu, cukup banyak sekolah yang melakukan komunikasi serta koordinasi, namun yang tercatat mendaftar ada 28 sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta,” lanjutnya.

Diingatkan Munir, lomba cerdas cermat tingkat kabupaten ini adalah momentum pencarian yang akan mewakili Bumi Pariri Lema Bariri pada tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). “Untuk tingkat provinsi direncanakan pelaksanaan pada Agustus mendatang, jadi LCC tingkat kabupaten akan mencari juara I dan II sebagai wakil KSB,” tandasnya.

Untuk diketahui bersama, LCC merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan peserta didik tentang sejarah, sejarah perkembangan museum nasional, cagar budaya yang berkaitan dengan pemajuan kebudayaan berdasarkan Undang-undang (UU) UU nomor 5 tahun 2017, termasuk soal Cagar budaya sesuai UU nomor 11 tahun 2010 serta pengetahuan umum keanekaragaman warisan budaya Indonesia, sejarah Indonesia hingga pahlawan nasional.

Kegiatan ini juga bukan sekedar menjadi perlombaan, namun pemerintah ingin menancapkan kepada para siswa/siswi wawasan tentang kebudayaan, sejarah, dan pengetahuan. Lebih dari itu, memberi spirit kejuangan kepada generasi penerus bangsa terutama memberikan dorongan dan motivasi untuk mengisi apa yang sudah diwariskan oleh para pendahulu dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara. **