Poto Tano-Kayangan, Dishub KSB Akui Ada Pergantian Kapal Cepat

Taliwang, – H Abdul Hamid, M.Pd selaku kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Barat (Dishub KSB) mengakui, jika ada pergantian kapal cepat untuk layanan penyeberangan Poto Tano – Kayangan.

“Kapal Cepat Tenggara Satu yang biasa memberikan layanan selama ini sudah mengganti rute menjadi Pelabuhan Lembar Lombok Barat (Lobar) menuju Pelabuhan Padangbay provinsi Bali,” beber H Hamid sapaan akrabnya melalui keterangan resminya.

Untuk pengganti layanan dari pelabuhan Poto Tano KSB menuju pelabuhan Kayangan kabupaten Lombok Timur (Lotim), Dishub telah membangun komunikasi dengan KM Lombok Expres. “Ada ada rencana kapal penggantinya, yaitu kapal cepat KM Lombok Expres dengan kapasitas kursi sekitar 80 tempat duduk,” lanjutnya.

Masih keterangan H Hamid, untuk kepastian operasional kapal baru ini, diakuinya pihak perusahaan masih mencari operator/investor pendamping. “Semoga dalam waktu dekat sudah mulai beroperasi dengan rute biasa, sehingga masyarakat dapat lebih cepat melakukan bepergian ke pulau Lombok,” harapnya.

Disampaikan H Hamid, komunikasi untuk memiliki transporasti laut dengan kapal cepat terus dibangun pihak Dishub, lantaran sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat dapat memutus waktu perjalanan. “Dengan menggunakan kapal cepat, perjalanan hanya akan ditempuh pada kisaran 40 menit, sementara penggunaan kapal penyeberangan yang ada cukup lama,” ungkapnya.

Dikesempatan itu H Hamid menyampaikan permohonan maaf atas nama pemerintah KSB, lantaran dalam beberapa waktu ini tidak lagi ada layanan menggunakan kapal cepat. “Kami akan upayakan dalam waktu tidak terlalu lama akan kembali berfungsi atau ada layanan dengan kapal cepat,” tandasnya. 

Untuk diketahui, penyeberangan dari pelabuhan Poto Tano menuju Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur selain menggunakan kapal milik ASDP, Pemda Sumbawa Barat melalui perusahaan daerah (Perumda) Barinas bekerja sama untuk membuka rute penyeberangan menggunakan kapal cepat. **