Hari Ini, Dispaspora KSB Pastikan Dimulai Pra Pelatihan Paskib

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), telah memanggil semua calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskib) tahun 2023. Pertemuan awal itu dirangkai dengan pemberian perlengkapan latihan.

“Perlengkapan yang dibutuhkan para pelatih bersama dengan calon anggota Paskib telah disiapkan untuk diberikan kepada para calon. Sejumlah perlengkapan itu untuk dipergunakan pada pra pelatihan sampai dengan pemusatan latihan,” kata Indra Jaya S.Pt, M.Si selaku kabid Pemuda dan Olahraga saat dikonfirmasi media ini melalui selularnya, Selasa 1/8 kemarin.

Masih keterangan Indra sapaan akrabnya, pra pelatihan yang akan dilaksanakan selama sepekan itu sangat penting bagi para pelatih, agar dapat mengetahui kemampuan masing-masing calon anggota paskib, termasuk sebagai dasar dalam penentuan posisi dalam barisan. “Mengingat pra pelatihan menjadi bagian dari seleksi posisi, maka sudah sangat jelas wajib hadir dan ikut semua rangkaian latihan,” tegasnya.

Dikesempatan itu Indra mengingatkan, jika pihak Disparpora hanya menjadi pendamping dan bertanggung jawab untuk kebutuhan, sementara penggemblengan dalam rangka pembentukan calon anggota paskib menjadi kewenangan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) KSB bersama dengan TNI dan Polri sebagai pelatih. “Semoga semua proses pra latihan berjalan lancar,” harapnya.

Sementara jadwal pemusatan latihan, dimana para peserta akan diinapkan pada satu tempat dimulai pada 9 Agustus sampai pada 18 Agustus atau setelah melaksanakan tanggung jawab melakukan pengibaran dan penurunan bendera dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebagai informasi juga, jika ada dua orang pelajar KSB yang terpilih sebagai anggota paskib tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka akan diantar untuk bergabung dengan tim paskib provinsi pada 6-7 Agustus mendatang. Siswa dimaksud, Dwi Komalasari dari SMAN 1 Taliwang dan Miftahul Muttaqin dari pondok pesantren Al-Ikhlas Taliwang. **