HUT ke 60, Alumni SMP 1 Taliwang Ikut Pawai Budaya Nusantara

Taliwang, – Pawai budaya nusantara dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke 60 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Taliwang berlangsung meriah. Lantaran kegiatan dihadiri para pelajar pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan juga para alumni dari berbagai angkatan.

Abdul Muis S.Pd selaku kepala SMPN 1 Taliwang menyampaikan, peserta yang ikut pawai budaya cukup banyak dari para alumi, dari angkatan tahun 1976, 1979, 1985, 1986, 1989, 1990, 2000 dan tahun 2004. “Dari data yang kami miliki sesuai laporan, jika ada 11 angkatan yang ambil bagian memeriahkan HUT kali ini,” ucapnya.

H Amar Nurmansyah, ST, M.Si selaku sekda KSB sesaat sebelum melepas peserta pawai mengaku, jika dirinya sangat apresiatif dengan kegiatan pawai, karena bukan sekedar menjadi bagian untuk memeriahkan HUT, tetapi juga ada kegiatan silaturahim antar angkatan. “Luar biasa kegiatan ini bisa menghadirkan alumni angkatan 1976,” tandasnya.

Diakui juga oleh Amar sapaan akrabnya, SMPN 1 Taliwang merupakan salah satu sekolah tertua di tanah Pariri Lema Bariri ini, sehingga harus diakui telah banyak melahirkan berbagai generasi emas untuk KSB. “Pejabat dalam lingkungan pemerintahan KSB cukup banyak kita ketahui adalah alumni SMPN I Taliwang,” akunya.

Pantauan langsung dilokasi pelaksanaan, terlihat Hj. Hanifah S.Pt selaku ketua Tim Penggerak PKK ikut dalam rombongan peserta sebagai alumni angkatan tahun 1987, bahkan mengikuti pawai yang dimulai dari SMPN I Taliwang, lalu menuju simpang Selex dan memutar ruas jalan belakang dan kembali finis di sekolah tersebut.

Pawai budaya nusantara ini diisi berbagai jenis adat yang ada di nusantara, antara lain adat Sasak, Samawa, Mbojo, Jawa, Sulawesi, Aceh, Bali dan berbagai adat lainnya. Termasuk gambus yang merupakan budaya khas masyarakat timur tengah yang dibawakan SDN 10 Taliwang. **