Di Masjid Agung Darussalam, Bupati Terima Rombongan Jamaah Haji

Taliwang, – Jajaran pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang dipimpin langsung Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM, menerima rombongan Jamaah Haji di Masjid Agung Darusslam kawasan perkantoran Kemutar Telu Center (KTC), pada senin malam 1/8, kemarin.

H Firin sapaan akrab Bupati KSB menyampaikan rasa syukur, dimana para Jamaah haji asal Bumi Pariri Lema Bariri telah tiba dengan selamat dari perjalanan ibadah, meskipun yang kembali ke daerah berkurang satu orang setelah dinyatakan meninggal dunia di tanah suci. “Kita tetap bersyukur karena beliau dapat melewati tahapan ibadah haji sebelum meninggal dunia di tanah suci,” ucapnya.

Dikesempatan itu H Firin mengingatkan bahwa inti dari haji mabrur adalah perubahan kearah yang lebih baik, karena memang pada dasarnya Haji adalah ritual ibadah untuk merubah diri. “Haji yang mabrur itu intinya disaat kita telah selesai melaksanakan ibadah haji dan sejauhmana bisa berubah dari yang sebelumnya,” ungkapnya sambil mengingatkan bahwa sekarang sudah menjadi teladan ditengah masyarakat dan menjadi tolak ukur masyarakat dalam bersikap.

Lanjut H Firin, jika sebelumnya kita jarang shalat berjamaah di Masjid, maka mulai sekarang kita harus rajin shalat berjamaah di Masjid. Jika sebelumnya sering marah maka mulai sekarang harus atur tutur kata dalam berkomunikasi sehari-hari. “Ada status sosial yang melekat dalam diri kita yang telah melaksanakan ibadah haji, maka kita harus mampu berubah diri ke arah yang lebih baik,” tandasnya.

Sebagai informasi, pemerintah KSB mengerahkan sejumlah aparatur untuk melakukan pengawalan dan penjagaan terhadap barang milik jamaah haji dengan dibawah koordinasi bagian Kesra. Langkah itu sebagai upaya untuk memastikan tidak tertukar dan diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. **