Hadapi Pemilu Serentak, Bakesbangpol KSB Telah Gelar Sosialisasi Ormas

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), melaksanakan sosialisasi terkait dengan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Tujuannya, keberadaan organisasi itu untuk dilaporkan supaya terdata secara resmi.

“Kegiatan ini sangat penting bagi pemerintah KSB yang melaksanakan pembangunan berbasis gotong royong. Selain untuk mengetahui jumlah ormas yang aktif di Bumi Pariri Lema Bariri, juga untuk memperkuat sinergi dalam mengahadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang direncanakan pada tahun 2024 mendatang,” kata Drs Mulyadi M.Si selaku asisten I Setda KSB.

Dikesempatan itu Mulyadi berharap dari kegiatan sosialisasi ini, ada kesamaan persepsi antar semua ormas untuk ambil bagian dalam pembangunan daerah. “Sesuai regulasi yang menjadi pijakan pemerintah, ormas diharapkan dapat menyampaikan keberadaan kepada pemerintah melalui Bakesbangpol,” lanjutnya.

Pada momentum kegiatan itu, Mulyadi mendorong pihak Bakesbangpol untuk memaksimalkan sosialisasi serta ajakan kepada sejumlah komponen yang tergabung dalam Ormas, agar dijadikan kewajiban melaporkan keberadaan pada pemerintah.

Titin Yuliana selaku Kabid Parpol dan Ormas pada Bakesbangpol KSB saat menjadi pemateri menyampaikan, jumlah Ormas yang terhimpun di Kementerian Dalam Negeri berjumlah 364.000 ormas dari jumlah tersebut sekitar 40 persen yang terdaftar di Kementerian Dalam Negeri dan memiliki badan hukum. “Masih cukup banyak Ormas yang belum mendaftarkan keberadaan lembaga kepada pemerintah melalui Bakesbangpol,” tuturnya.

Jika mengacu pada aturan yang berlaku, ormas yang telah mendaftarkan diri diminta untuk tetap menyampaikan laporan atas aktivitasnya setiap 6 bulan melalui Bakesbangpol. “Ormas yang terdaftar akan didatangi oleh pihak Bakesbangpol untuk mendapatkan informasi, termasuk silaturahim sebagai upaya pendakatan hubungan,” ungkapnya.

Sedangkan Drs Amiruddin DH selaku sekretaris Bakesbangpol KSB mengingatkan, tugas pokok Kesbangpol yaitu mendata dan mengawasi seluruh ormas bukan hanya itu tugas Kesbangpol meliputi Ipoleksosbudkam di wilayah kerja. “Kami mengajak semua ormas untuk melaksanakan kewajiban dengan menyampaikan laporan melalui Bakesbangpol,” ajaknya. **