Desa Bukit Damai Sukses Gelar ‘Bersih Desa’ Secara Gotong Royong

Maluk, – Masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang bermukim di Desa Bukit Damai Kecamatan Maluk, telah sukses melaksanakan acara budaya bernuansyah sakral ‘Bersih Desa’ secara gotong royong, atau semua warga mengambil bagian dan berkontribusi sesuai kemampuan masing-masing.

“Bersih Desa termasuk ritual yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur atas hasil pertanian dan rizki lain yang diterima masyarakat, termasuk doa untuk menolak bala atau bencana,” kata Suwardi selaku Kepala Desa (Kades) Bukit Damai saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Suwardi mengakui jika pemerintah Desa telah menyiapkan anggaran khusus penyelenggaraan kegiatan dimaksud melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), namun masyarakat secara sadar juga ambil bagian dengan menyumbang berbagai pangan komoditi. “Ada yang membantu dengan beras, pangan dan yang pasti tenaga,” lanjutnya.

Partisipasi aktif masyarakat harus diakui sebagai pendukung suksesnya seluruh rangkaian acara. Hal itu juga menjadi bukti bahwa hubungan pemerintah Desa dengan masyarakat secara umum sangat baik terjalin. “Kami juga sebagai pemerintah Desa sudah menerapkan pemerintahan terbuka, sehingga saat ada kegiatan selalu bisa dituntaskan secara bersama-sama,” akunya.

Meskipun telah sukses seluruh rangkaian kegiatan, Suwardi tetap memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan saran dan kritik, termasuk masukan untuk dijadikan dasar pijakan pelaksanaan pada tahun mendatang. “Kegiatan Bersih Desa sudah menjadi agenda rutin tahunan, jadi harus terus dievaluasi untuk hasil terbaik,” tuturnya. **