DPUPR KSB Pastikan Perombakan Total Akses Jalan Undru Taliwang

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) membenarkan, jika akan dilakukan perombakan total untuk akses jalan Undru atau jalan lintasan utama Alun-alun Kota Taliwang menuju kawasan perkantoran Kemutar Telu Center (KTC).

“Dimulai dari simpang selek (jalan Undru) sampai simpangan pesawat sepanjang 400 meter akan dilakukan perombakan, jadi bukan sekedar pelebaran jalan, tetapi ada pembangunan akses dua jalur,” kata Arkamuddin, S.Pi, M.Si selaku sekretaris DPUPR KSB mengutip pernyataan Armayadi selaku kabid Bina Marga.

Masih keterangan Arkam sapaan akrabnya, pada akses jalan Undru juga akan ada badan jalan dibangun dengan lebar 6 meter dengan pembatas pada bagian tengah selebar 1,5 meter. “Total luas badan jalannya 12 meter tidak termasuk pembatas dan trotoar,” urainya.

Dengan lebar ruas masing-masing 6 meter itu, Arkam memastikan, jalan Undru nantinya akan nyaman dilalui kendaraan. Dan karena dibuat dua lajur maka kapastias jalan secara otomatis akan bertambah. “Nanti di jalan itu akan leluasa juga kendaraan roda empat melakukan putar balik karena memang cukup luas dengan lebar 6 meter itu,” klaimnya.

Jalan Undru memang sudah sejak lama direncanakan akan diperlebar oleh Pemda KSB. Alasan mendasar jalan yang melintas depan pesanggarahan bupati dan wakil bupati itu karena merupakan akses yang paling sibuk saat jam-jam kerja. Selain jalan itu menjadi akses menuju KTC terdapat dua bank dan beberapa sekolah juga berada pada jalan  yang diberi nama salah satu pahlawan lokal Sumbawa ini.

Sebagai informasi juga, untuk merealisasikan pembangunan jalan Undru itu Pemda KSB harus mengajukan permohonan hibah ke Badan Wilayah Sungai Nusa Tenggara (BWS NT) 1. Pasalnya arah pelebaran badan jalan akan memakai saluran drainase Kalimantong I yang selama ini berada di samping jalan tersebut. “Kita sudah ajukan permohonan hibahnya dan sebagai kompensasi saluran irigasi itu kita alihkan ke arah jalan TGKH ZAM (zainul abdul majid),” katanya.

Disampaikan juga bahwa pemerintah KSB akan menyelesaikan pekerjaan ruas kanan jalan TGKH. M. Zainul Abdul Majid (ZAM) atau jalan simpang pesawat kota Taliwang. Untuk pekerjaan itu sendiri tersedia anggaran sekitar Rp. 30 miliar lebih. **