Akhir Agustus Ini, Disparpora KSB Jadwalkan Pelaksanaan POPKab

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (KSB), telah menyusun jadwal untuk pelaksanaan Pekan olahraga Pelajar tingkat Kabupaten (POPKab).

Indra Jaya S.Pt, M.Si selaku kabid Pora yang dikonfirmasi media ini menyampaikan, jika dalam perencanaan yang disusun sementara, waktu pelaksanaan selama 3 hari terhitung 29 Agustus mendatang. “Untuk kepastian tetap menunggu rapat tekhnis bersama Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) yang digandeng Disparpora untuk menyukseskan semua pertandingan,” ucapnya.

Masih keterangan Indra Jaya, pihaknya sudah membangun komunikasi awal dengan pengurus Igornas KSB terkait dengan waktu pelaksanaan. Harapannya, semua Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingan bisa tuntas dengan limit waktu tersebut. “Semoga tidak ada kendala dan pelaksana bisa tuntas pada akhir Agustus ini,” harapnya.

Diingatkan Indra Jaya, pihaknya bersama Igornas harus berupaya dapat melaksanakan POPKab, karena tim yang menjadi juara akan dipercaya sebagai wakil KSB pada pertandingan serupa untuk tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). “POPKab bukan sekedar momentum dalam mengasah kemampuan serta bakat pelajar, tetapi juga sebagai ajang seleksi untuk tingkat provinsi NTB mendatang,” ungkapnya.

Sebagai informasi awal, POPKAB yang akan dipertandingkan itu adalah wakil dari masing-masing kecamatan, dimana atlet diambil dari pelajar yang berada dalam wilayah kecamatan tersebut. “Bisa saja sambil menunggu waktu pelaksanaan, dapat dilakukan seleksi atau pencarian bakat pada masing-masing cabor, sehingga bisa lebih siap menghadapi perhelatan,” urainya.

Terkait dengan cabor yang akan dipertandingkan, Indra Jaya juga mengaku masih harus dibahas bersama dengan penyelenggara (Igornas), namun yang pasti tidak berbeda dengan cabor untuk tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), karena memang yang menjadi juara akan mewakili KSB pada tingkat provinsi. “Biasanya cabor yang dilaksanakan adalah pertandinga bola voli, sepak bola, silat dan bulu tangkis,” bebernya. **