Bupati KSB Resmikan Rumah Produksi Gula Aren Desa Tongo

Sekongkang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM didampingi Hj Hanipah S.Pt selaku ketua Tim Penggerak PKK, meresmikan rumah produksi gula aren sakiki yang bereada di Dusun Temalang Desa Tongo Kecamatan Sekongkang.

H Firin sapaan akrab Bupati KSB pada kesempatan itu menyampaikan harapan, agar pengolahan dan perubahan jenis produk yang dihasilkan selaras dengan pendapatan yang diperoleh masyarakat. “Ketika produksinya bagus, produknya bagus tetapi jika tidak diikuti dengan pendapatan yang bagus pula, percuma. Jadi saua berharap dengan adanya rumah produksi ini bisa menaikkan pendapatan bapak, ibu para petani aren,” ungkapnya.

Pada momentum itu H Firin juga menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh PT. AMMAN Mineral Nusa Tenggara yang sudah mampu mengeksplorasi potensi-potensi yang ada dalam masyarakat. “Ini merupakan terobosan baru yang sangat luar biasa, mudah-mudahan ini terus berkelanjutan dan merambah sektor-sektor UMKM lain di KSB,” tegasnya. 

Di akhir kegiatan, Bupati beserta ketua PKK KSB beserta rombongan yang hadir, melakukan peninjauan secara langsung rumah produksi gula aren sakiki, bahkan melakukan uji coba rasa yang diproduksi.

Rumah Produksi Gula Aren Sakiki ini merupakan Program Pembinaan PT. AMMAN Mineral Nusa Tenggara bagi kelompok petani gula aren Sakiki, yang sebelumnya telah dilakukan pendampingan sebanyak 12 kali pertemuan yang diberikan kepada 20 orang petani aren dan masyarakat. Melalui kegiatan pendampingan tersebut, para petani aren sudah memahami cara produksi gula aren, bukan hanua menjadi gula batok tetapi sudah menghasilkan 10 produk turunan. 

Menurut Rizani selaku pendamping petani aren, bahwa produk-produk yang dihasilkan sudah mendapatkan legalitas tersertifikasi BPOM Mataram dan merupakan yang pertama kali di Sumbawa. Selain itu, rumah produksi yang diresmikan hari ini juga sudah terstandarisasi CCPOB. 

Vice President of Social Impact PT. AMMAN Mineral Nusa Tenggara, Priyo Pramono berterima kasih kepada masyarakay Desa Tongo yang sudah bersinergi dengan baik sehingga rumah produksi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas produksi juga dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian dari para petani aren. **