Khairuddin : Ada Sejumlah Rekomendasi Hasil Raker PWI KSB

Taliwang, – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) usai dikukuhkan, langsung melaksanakan Rapat Kerja (Raker) dalam rangka membahas program kerja, termasuk rekomendasi khusus untuk menjadi perhatian bagi petinggi organisasi kewartawanan tersebut.

Khairuddin selaku ketua panitia pelantikan dan raker pengurus PWI KSB periode 2023-2026 membeberkan, program kerja yang disepakati diantaranya, peningkatan kapasitas anggota melalui pelatihan jurnalistik secara berkala dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). “Memang seluruh anggota PWI KSB telah tersertifikasi (UKW) oleh dewan pers, namun kegiatan itu penting dalam rangka menaikan jenjang sertifikasi,” katanya.

Selanjutnya program PWI Goes To School and Campus. Kegiatan dimaksud sebagai bentuk pengenalan dunia jurnalistik kepada siswa dan mahasiswa, sehingga para pelajara itu sendiri bisa lebih senang dengan menulis. “Pengurus PWI akan membangun komunikasi dengan pihak sekolah dan kampus, agar memiliki jadwal khusus pelatihan jurnalistik,” ungkapnya.

Masih keterangan Enk sapaan akrabnya, program penting lain adalah Family Gathering, tetapi sebelumnya pengurus PWI KSB diminta segera melakukan pembentukan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI). Disamping untuk memperkuat silaturahmi, IKWI juga menjadi pendukung suksesnya program kerja yang dilaksanakan PWI itu sendiri. “Pembentukan IKWI diharapkan bisa lebih cepat,” harapnya.

Untuk mendukung program pembangunan daerah dibidang pariwisata, investasi, UMKM, Industri dan lain-lain, PWI KSB mencanangkan program Journalis Camp yang dikemas dalam bentuk ekspedisi. Program ini bertujuan untuk mengeksplore potensi yang ada di suatu wilayah, mendalami persoalan-persoalan yang menjadi ganjalan pengembangan potensi dimaksud dan dipublish dalam bentuk tulisan di media masing-masing anggota PWI agar menjadi perhatian para pemangku kepentingan. 

Tahun 2022 lalu, PWI KSB telah sukses melaksanakan Ekspedisi Talonang di Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang. Tahun 2023 ini, PWI merencanakan ekspedisi Mantar Gili Balu, di Desa Mantar Kecamatan Poto Tano dan Gili Balu (gugusan 8 pulau kecil di Selat Alas). “Rencananya Ekspedisi Mantar Gili Balu akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang,” bebernya.

Program penting lain adalah mempersiapakan para wartawan PWI pada Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS) tahun 2024 yang rencana pelaksanaan di Padang, Sumatera Barat. “Kita target dapat medali, karena atlet catur, badminton dan e-sport asal PWI KSB pada Porwanas sebelumnya, meskipun belum berhasil mendapatkan medali, namun bisa masuk empat besar,” akunya.

Sementara rekomendasi khusus, harus bisa diupayakan dalam tahun ini sudah bisa memulai pembangunan kantor sekretariat PWI KSB, meskipun diawali dengan pembelian lahan sebagai bentuk keseriusan. **