Perkuat Imunitas, Dikes KSB Ajak Masyarakat Suntik Booster Kedua

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kesehatan (Dikes), mengajak masyarakat untuk memperkuat imunitas diri dalam rangka menjaga kondisi tubuh dari penyebaran berbagai virus, termasuk ancaman muncul kembali Corona Virus Disease (Covid).

Salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat sebagai bentuk pencegahan diri, mendapatkan penyuntikan vaksin sebagai penguat imunitas. “Telah disediakan vaksin khusus untuk pencegahan diri dari Covid, jadi masyarakat bisa langsung mendatangi Puskesmas untuk mendapatkan vaksin dimaksud,” kata H Ns. Indra Alamsyah, S.Kep, M.Si selaku kabid pencegahan, pengendalian penyakit dan kesehatan lingkungan pada Dikes KSB yang dikonfirmasi media, kemarin.

Masih keterangan H Indra sapaan akrabnya, vaksin yang tersedia untuk pencegahan Covid itu sendiri bisa dibilang booster kedua atau vaksin ke empat yang sangat penting juga sebagai penguat imunitas. “Kami terus melakukan sosialisasi sekaligus mengajak masyarakat untuk mendapatkan booster kedua, agar bisa menguatkan kembali imunitas,” lanjutnya.

Diingatkan H Indra, tidak semua orang bisa langsung mendapatkan vaksin dimaksud, karena harus ada tenggat waktu dari pemberian booster pertama. “Minimal sudah mendapatkan vaksin ketiga (booster pertama) pada 3 bulan lalu,” urainya.

H Indra mengakui bahwa vaksin booster kedua yang akan disuntikan itu adalah produk indonesia dan dipastikan keamanan oleh pemerintah. “Kami mendorong masyarakat untuk menggunakan kesempatan atau memanfaatkan penyuntikan vaksin secara gratis itu,” ungkapnya.

Soal sudah berapa persen masyarakat yang telah mendapatkan suntik vaksin, H Indra belum bisa memberikan keterangan secara rinci, lantaran pihaknya masih harus melakukan koordinasi untuk mendapatkan informasinya. “Yang pasti, sebagian besar yang telah mendapatkan vaksin adalah calon pekerja dalam areal tambang, karena menjadi salah satu yang disyaratkan,” tuturnya. **