Jaga Kebersihan, Digelar Gotong Royong Bersihkan Bantaran Sungai

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dengan melibatkan berbagai unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melaksanakan gotong royong untuk membersihkan bantara sungai taliwang. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa pagi 19/9 itu dihadiri juga wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST.

Dikesempatan itu Wabup mengajak seluruh aparatur lingkup pemerintah untuk ambil bagian memungut sampah jenis apapun yang berada disepanjang sempadan sungai. “Kita bersihkan secara bersama-sama bantaran sungai ini dan semoga menjadi pengingat masyarakat untuk tidak lagi dijadikan sebagai tempat pembungan sampah,” ucapnya.

Sementara Slamet, SP, MM selaku kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaporkan, jika semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilibatkan dalam gotong royong tersebut. “Kami dari DLH sudah cukup sering menyampaikan himbauan terkait larangan membuang sampah disepanjang bantaran sungai, tetapi masih ada yang tingkat kesadaran masih rendah atau tetap membuang sampah,” bebernya.

Masih keterangan Slamet, aksi bersih-bersih sungai yang dilakukan secara gotong royong ini, termasuk dalam upaya membangun kesadaran masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, yang acapkali masih membuang sampah sembarangan terutama di area aliran sungai. “Kegiatan ini menjadi edukasi juga kepada masyarakat, sekaligus mengajak untuk bersama menjaga bantaran sungai dari sampah jenis apapun,” tandasnya. **