Tingkatkan Layanan, Pemerintah KSB Bentuk Tim Monev Kecamatan

Taliwang, – Tim independen bentukan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang diberi tugas untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev), terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), telah mendatangi Kecamatan Jereweh, Kecamatan Maluk dan Kecamatan Sekongkang.

“Pemerintah KSB ingin memastikan pelayanan yang diberikan pemerintah kecamatan sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan memperhatikan Standar Pelayanan Minimal (SPM), sehingga membentuk tim yang akan melakukan pengecekan secara langsung pada semua kantor kecamatan,” kata Drs Abdul Razak selaku Kabag Pemerintahan yang menjadi ketua tim.

Dikesempatan itu Abdul Razak juga mengatakan, jika kegiatan kunjungan yang dilaksanakan termasuk dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, transparan, efektif dan efisien yang menjadi tolak ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik (Good governance), termasuk percepatan reformasi birokrasi di daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good local governance) untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Diingatkan Razak sapaan akrabnya, kegiatan monev yang dilakukan bukan dalam bentuk penilaian kinerja dan layanan dari pemerintah kecamatan tersebut, tetapi untuk membantu melakukan evaluasi yang perlu menjadi perbaikan. “Kecamatan yang sangat baik akan diberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan,” lanjutnya.

Muhammad Solihin, S.Pd, MM selaku Camat Jereweh saat menerima kunjungan tim mengatakan, jika layanan yang dilihat saat ini adalah aktifitas rutin yang dilaksanakan. “Begini kondisi pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat setiap hari, jadi apapun yang menjadi kekurangan bisa disampaikan untuk meningkatkan kinerja dan layanan,” tuturnya.

Sementara H Badaruddin, S.Pd selaku Camat Sekongkang menegaskan, jika melaksanakan kinerja sesuai PATEN sudah menjadi tanggung jawab, bahkan dalam wilayah kantor Kecamatan sendiri telah disiapkan ruang khusus ibu menyusui dan tempat bermain anak. “Sejak saya mendapat kepercayaan sebagai Camat langsung melakukan penataan kantor supaya terpenuhi SPM dan memastikan konsisten dengan PATEN,” akunya. **