Gerakan Literasi, Dinas Arpus KSB Terus Membangun Kemitraan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus), terus membangun kemitraan dengan berbagai komponen masyarakat. Hal itu sebagai bentuk keseriusan dan komitmen dalam meningkatkan kualitas literasi untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.

“Salah satu cara dalam meningkatkan gerakan literasi dan meningkatkan minat baca, Dinas Arpus KSB harus bisa bekerjasama dengan berbagai komunitas literasi, karena memang bukan hanya tanggung jawab pemerintah,” kata Mariati S.Adm selaku kabid perpustakaan pada Dinas Arpus KSB.

Mariati berharap akan muncul berbagai komunitas peduli terhadap literasi, sehingga pihaknya dapat menjadikan mitra dalam meningkatkan minat baca masyarakat. “Salah satu komunitas yang dijadikan mitra saat ini adalah Ruang Balong. Organisasi itu telah memberikan kontribusi besar selama menjadi mitra kerja,” lanjutnya.

Masih keterangan Mariati, selama bermitra dengan pihak Ruang Balong, banyak program yang telah dilaksanakan, termasuk mengisi momentum pelaksanaan Car Free Day (CFD) dengan mengajak anak-anak pengunjung mendatangi lokasi khusus. “Setiap acara CFD, kami selalu siapkan mobil perpustakaan dilokasi untuk memancing anak-anak berkunjung dan personil Ruang Balong mengelola areana supaya lebih ramai,” ucapnya.

Dikesempatan itu Mariati juga mengaku, beberapa waktu lalu pihak Ruang Balong telah melaksanakan Kelas Kecil “PSIKOLOG” bersama pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Taliwang. “Program kelas kecil masih menjadi prioritas yang dilaksanakan, karena bukan sekedar pelibatan para pihak, tetapi juga sangat efektif dalam memberikan edukasi kepada pelajar yang menjadi peserta,” tandasnya.

Saat pelaksanaan kelas kecil di SMKN I Taliwang, sangat meriah dan pelajar yang menjadi peserta bisa mendapatkan pendidikan secara langsung, karena penyelenggara membuat interaktif dengan nara sumber.  **