Pemerintah KSB Sudah Melounching Penggunaan Aplikasi ‘SRIKANDI”

Taliwang, – Aplikasi Sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (SRIKANDI) yang merupakan program kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), telah dilouching penggunaannya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), pada Rabu sore 11/10 kemarin.

Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati KSB pada kesempatan itu mengaku sangat apresiatif, karena aplikasi SRIKANDI merupakan aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. “Arsip yang membuktikan perjuangan masyarakat dalam membentuk KSB sulit didapat, karena tidak ditangani dengan baik, jadi kedepan pengelolaan arsip harus lebih baik, apalagi sudah ada aplikasi SRIKANDI,” ucapnya.

H Firin sapaan akrab Bupati KSB mengakui, jika pengelolaan arsip secara digital sangat diperlukan, sehingga dirinya meminta kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) selaku leading sektor, untuk meningkatkan koordinasi para arsiparis pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), apalagi aparatur itu sendiri telah mendapatkan bimbingan tekhnis.

Sementara Ir Abdul Muis, M.Si selaku kepala Dinas Arpus menegaskan, penerapan aplikasi SRIKANDI sangat penting, karena ada perpaduan praktik kearsipan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang terintergrasi di lingkup pemerintahan. “Aplikasi ini akan mempercepat penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik menuju good governance,” urainya.

Diingatkan Muis sapaan akrabnya, sehebat apapun sebuah instansi pemerintah, jika arsip yang dimiliki masih menumpuk dalam gudang dan berserakan dimana mana, maka tetap dianggap belum bekerja sesuai standar yang berlaku. “Arsip itu bersifat fundamental, maka perlu ditata sedemikian rupa agar lebih rapi rapi, teratur dan mudah diindentifikasi untuk keperluan di masa mendatang,” ungkapnya.

Dwinda Meigita Norca Gatmani, ST, M.Ap selaku perwakilan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyampaikan rasa bangga kepada jajaran pemerintah KSB, lantaran memiliki komitmen serius untuk menerapkan aplikasi SRIKANDI dengan melakukan lounching bersama dengan para pimpinan OPD. “Kegiatan ini menjadi bukti keseriusan pemerintah KSB menerapkan aplikasi SRIKANDI untuk pencapaian sistem pemerintahan berbasis elektronik menuju good governance,” tuturnya.

Sebagai informasi, pada hari sebelumnya dilaksanakan pelatihan dan Bimbingan Teknis tentang penerapan aplikasi SRIKANDI dengan menghadirkan 80 orang peserta yang merupakan arsiparis dari masing-masing SKPD. Bimtek itu sendiri bertujuan memberikan pendampingan secara langsung, termasuk untuk mengetahui betul aplikasi SRIKANDI. **