Bupati KSB Pastikan Seluruh SKPD Terapkan Aplikasi ‘SRIKANDI”

Taliwang, – Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memastikan, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan menerapkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Selain aplikasi dimaksud merupakan program kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), juga akan dirasakan manfaat dalam pencarian arsip itu sendiri. “Saya sudah minta semua SKPD untuk menerapkan aplikasi SRIKANDI,” tegasnya.

Masih keterangan H Firin sapaan akrab Bupati KSB, memastikan seluruh SKPD akan menerapkan aplikasi dimaksud, lantaran pelayanan pemerintah kepada masyarakat harus terus ditingkatkan dan dimaksimalkan. “Penggunaan aplikasi SRIKANDI pada seluruh instansi pemerintah sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan,” lanjutnya.

Dengan aplikasi ini, system pemerintahan berbasis elektronik akan lebih optimal dalam melindungi kepentingan data-data. “Saya minta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinas Arpus) untuk melakukan pendampingan pada semua SKPD, sehingga aplikasi dimaksud benar-benar dilaksanakan,” tegasnya.

Sementara Ely Marliati, MM.Inov selaku kabid kearsipan menegaskan, jika sebelum dialkukan launching atas Aplikasi SRIKANDI, pihaknya telah menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) kepada perwakilan SKPD. Hal itu membuktikan bahwa aplikasi dimaksud sudah siap dilaksanakan pada pemerintah KSB.

Tujuan dari penerapan aplikasi SRIKANDI itu sendiri adalah, untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip guna mewujudkan good governance. Sementara manfaatnya, mendukung pengelolaan arsip dan tata Kelola  Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Good Governance KSB Tahun 2023, termasuk untuk memudahkan penyimpanan dan penemuan kembali arsip, mengatasi penumpukan arsip untuk menghemat ruang penyimpanan arsip, serta memudahkan koordinasi dan komunikasi serta pengiriman dokumen antar dinas.

Diingatkan Ely sapaan akrabnya, pengelolaan arsip secara digital sangat diperlukan, sehingga pihaknya telah menyampaikan kepada petugas arsip (arsiparis) pada masing-masing SKPD, untuk tetap membangun komunikasi dan koordinasi, sehingga keberadaan aplikasi SRIKANDI benar-benar bermanfaat. **